Haul Guru Sekumpul, Kodim Martapura Bakal Turun

0

MARTAPURA – Haul Guru Sekumpul atau Syaikh KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani ke-14 akan digelar pada 9 – 10 Maret mendatang. Persiapan dan koordinasi sudah jauh-jauh hari dilakukan. Dandim 1006/martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menerangkan bahwa seluruh jajaran Kodim Martapura bakal turun memberikan bantuan pengamanan.

“Kami menurunkan 350 personil TNI. Bila masih kurang minta bekap dengan Korem, Yonif 623, Zipur-8/GM. Mereka aka berbaur dengan anggota Polres Banjar dan posko induk serta seluruh relawan haul,” ucap Dandim sebagaimana dilansir dari prokal.co.

Menurutnya tugas TNI ada dua yaitu memastikan haul lancar dan jamaah haul bisa nyaman mengikuti haul yang tahun lalu diperkirakan dihadiri lebih dari satu juta jamaah. Diperkirakan haul kali ini lebih banyak dihadiri jamaah baik dari kalimantan, sekitarnya dan luar daerah.

Berdasarkan hasil data sementara relawan yang akan membantu pelaksanaan ulama asal kalimantan selatan tersebut sudah terdaftar sebanyak 16 ribu orang, dan itu masih bisa bertambah.

Haul kali ini juga dipastikan bebas dari iklan politik. Dikutip dari banjarmasinpost.co.id. Ketua Relawan Haul Guru Sekumpul, H. Abdurrahman, akan memastikan haul bebas dari alat peraga kampanye, demikian juga Camat Martapura, Ahmad Junaidi mengajak semua pihak bersama-sama untuk menjaga suasana haul bebas dari nuansa politik.

Guru Sekumpul atau biasa juga disebut Guru Izai merupakan keturunan ke-8 dari ulama besar Banjar, Maulana Syaik Muhammad Arsyad Al Banjari. (eep/hasby suhaily/mam)

Comments
Loading...