Halal Bihalal, JATMAN Purwakarta Hadiri Seminar Pemikiran Syekh Baing Yusuf

September 21, 2023
Halal Bihalal, JATMAN Purwakarta Hadiri Seminar Pemikiran Syekh Baing Yusuf

Purwakarta, JATMAN Online – Rois Robi JATMAN Idaroh Syu’biyyah Purwakarta, R. K.H. Amal Sibyan, (Dzuriyyah Syeikh Baing Yusuf Bin Djaya Negara) menghadiri Halal Bihalal dan Seminar Pemikiran Islam Syekh Baing Yusuf Bin Raden Dalem Djaya Negara di Gedung Yudhistira Pemda Purwakarta, (23/05).

Dalam kesempatan ini, R.K.H. Amal Sibyan menyampaikan kepada seluruh undangan yang hadir, bahwa dalam halal bi halal ini diharapkan mampu memperkuat Ukuwah Islamiyyah, dan Ukuwah Wathoniyyah, demi persatuan dan kesatuan Bangsa.

“Dengan adanya Halal Bihalal ini, tersampaikan dari hati ke hati, antara anak-anak bangsa, beserta tokoh-tokohnya (Ulama Umaro) dari perwakilan dzuriyyah Syeikh Baing Yusuf Bin Raden Dalem Arya Djaya Negara,” ujarnya.

Kiai Ama juga mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi momentum untuk mengingat track record Syekh Baing Yusuf yang sangat berpengaruh bagi masyarakat purwakarta.

“Pada kesempatan ini, kita sekaligus mengingat kilas balik daripada Maha Guru Besar Ulama Nusantara, 1 tahun lalu kami menggelar seminar, bedah sejarah, penelusuran dan pengumpulan manuskrip sampai dengan mengtashih karangan Syekh Baing Yusuf Bin Djaya Negara, terkait kitab Fiqih tasawuf Sunda. Dan Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini MUI Purwakarta pun menggelar kegiatan seminar pemikiran Islam daripada Beliau (Syekh Baing Yusuf Bin Djaya Negara). Sehingga menambah khasanah didalam Syi’ar Islam, wabil khusus Ulama Tasawuf dan Tarekatnya,” tutur beliau.

Kegiatan Halal Bi Halal ini dihadiri semua unsur Ulama, Umaro, TNI-Polri, dewan pimpinan MUI, lembaga pendidikan, pelajar mahasiswa, dan tamu undangan lainnya.

Pada akhir sambutan, R. K.H. Amal Sibyan menuturkan, rasa syukur kepada Allah SWT dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, S.E. atas perhatian beliau, dari mulai peresmian Jalan Syekh Baing Yusuf Bin Djaya Negara yang di prakarsai oleh JATMAN Idaroh Syu’biyyah Purwakarta.

Memetik hikmah atas terselenggaranya kegiatan ini, ia berharap agar hasil daripada seminar dapat dijadikan kurikulum muatan lokal dinas pendidikan, sehingga secara langsung akan munculnya pejuang generasi muda untuk membangun aspek spiritual, sosial, religius dan nasionalis guna meperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa.

Pewarta: Yusup Setiawan

Editor: Warto’i