Hadapi Perubahan Zaman, Ini 5 Skill yang Wajib Dimiliki Anak Muda

Situasi dan perkembangan zaman yang tidak menentu akibat teknologi dan internet menuntut setiap anak muda memiliki kemampuan atau skill yang tepat. Terutama demi menunjang karir, kehidupan serta eksis berkontribusi untuk kebaikan sesama.

Mengutip istilah yang buat oleh Warren Bennis dan Burt Nanus pakar ilmu bisnis dan kepemimpinan dari Amerika. Dunia saat ini berada pada kondisi VUCA. Ia adalah akronim dari Volatility (bergejolak), Uncertainty (tidak pasti), Complexity (kompleks) dan Ambiguity (tidak jelas).

Sebuah kondisi yang sulit diprediksi ke depan seperti apa. Namun, ada beberapa skill dasar yang pasti akan membantu kamu beradaptasi dengan zaman ini. Berikut 5 skill yang wajib dimiliki anak muda:

Kritis Berpikir dan Memecahkan Masalah
Foto: Starup Stock Photos.

Kemampuan berpikir kritis berarti kemampuan seseorang untuk merespon, mempertanyakan, menganalisa berbagai pandangan, menarik kesimpulan hingga membuat keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh. Dengan kemampuan ini juga kamu bisa membuat konsep, perencanaan, mengevaluasi secara sistematis dan berefleksi, merumuskan masalah dan menemukan solusinya.

Komunikasi
Foto: Helena Lopez.

Kemampuan komunikasi bisa tersusun dari kemampuan mendengarkan secara aktif, mengungkapkan ide, mendistribusikan gagasan dengan berbagai teknik dengan memilih media yang tepat serta mampu menggunakan berbagai platform media. Komunikasi yang baik juga dijalin dengan pengertian dan kerendahan hati.

Kolaborasi
Foto: Starup Stock Photos.

Kemampuan kolaborasi dilakukan melalui mampu menunjukkan inisiatif pribadi, mau memikul tanggung jawab bersama, membantu orang lain dalam perannya masing-masing, berkontribusi ide, tetap berpikiran terbuka, menerapkan strategi, mengambil berbagai peran, dan toleran terhadap berbagai perbedaan. Kolaborasi untuk bersinergi memaksimalkan potensi masing-masing demi tujuan yang disepakati untuk kehidupan yang lebih baik.

Kreatif
Foto: Kaboompics.com.

Kreativitas bisa dimunculkan dengan mengetahui bagaimana proses kreatif dihasilkan, menghasilkan banyak ide dan memaksimalkan upaya kreatif serta menggunakan berbagai instrumen untuk mengasah daya kreatif. Kreatif juga menunjukkan orisinalitas, tidak takut salah serta belajar dari kesalahan-kesalahan.

Karakter
Foto: Lukas.

Skill inilah yang paling menunjang dari semua soft skill yang dibutuhkan. Diantaranya mampu mempertimbangkan mana yang prioritas dan tidak, menghargai semua orang, menunjukkan kepedulian terhadap orang lain, merangkul keragaman, mempertahankan nilai positif, menjaga nilai agama dan budaya. Karakter positif ditopang oleh spiritualitas yang baik dan mental yang sehat.

Spiritualitas yang baik dan mental yang sehat bisa diwujudkan melalui pembersihan hati dan penyucian jiwa. Penyucian jiwa inilah yang akan mengantarkan seseorang akan selalu bersama Allah dalam setiap aktivitasnya, bekerja karena Allah, mempersembahkan yang terbaik hanya untuk Allah.

Walhasil, seseorang yang berkarakter baik akan selalu menampilkan akhlak dan sikap (attitude) yang baik karena meneladani Allah yang Maha Baik. Orang baik pasti akan bernasib baik dan berezeki baik.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...