Habib Umar Salah Satu Tokoh Sufi Paling Berpengaruh di Dunia

Al Habib Umar bin Hafidz dikenal sebab memiliki garis keturunan kepada Nabi Muhammad dan salah satu tokoh spiritual paling berpengaruh yang masih hidup hari ini. Pengaruh beliau dapat dilihat melalui program beasiswa dan penyampaian khutbah-khutbah beliau yang menyebar begitu luas di Timur Tengah, khususnya di Indonesia dan Afrika Timur.

Beliau juga dikenal sangat berpengaruh sebagai pemimpin Gerakan sufi Ba’ Alawi. Beliau telah melakukan safari dakwah ke Asia Tenggara India, Eropa dan bahkan Amerika Serikat yang secara teratur dalam beberapa tahun terakhir ini pengikutnya terus berkembang.

Pendidikan
Habib Umar menerima semua pendidikan dasarnya di kota kelahirannya, Tarim, dari tangan ayahnya Mufti Tarim dan ulama terhormat lainnya. Pada 1981, situasi yang tidak kondusif sebab diperintah oleh rezim komunis menjadikannya tidak dapat tinggal di Yaman Selatan. Habib Umar kemudian pindah ke kota Al-Bayda di Yaman Utara di mana ia melanjutkan studinya.

Memberikan Beasiswa Pendidikan
Habib Umar mendirikan dan menjalankan Dar Al-Mustafa, pusat pendidikan tradisional Islam yang saat ini menampung sejumlah siswa internasional, di Tarim, Yaman. Kebanyakan lulusannya telah menjadi tokoh terkemuka di seluruh dunia. Beliau juga termasuk dari salah satu para akademisi dan cendekiawan Muslim terkemuka yang menandatangani dokumen “A Common Word Between Us and You” (Sebuah Kalimat Yang Sama Antara Kami dan Kalian), sebuah dokumen yang menjadi jembatan dialog antara umat Islam dan umat Kristiani.

Beliau juga berbicara di Universitas Cambridge tentang perlunya dialog seperti itu. Beliau telah menulis beberapa buku, seperti Al-Dhakirah Al-Musharrafah, yang merupakan ringkasan dari pengetahuan wajib bagi setiap muslim, tiga kompilasi hadis-hadis pendek dan ringkasan kuartal ketiga Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali. Kumpulan buku Maulidnya Al-Diya ‘Al-Lami’and dan Al-Sharab Al-Tahurare, dibacakan dalam pertemuan di seluruh dunia.

Upaya Dakwah dan Peran Kemanusiaannya
Habib Umar terkenal karena upaya dakwahnya, dengan kunjungan yang signifikan ke Amerika Serikat dan Eropa. Beliau juga bermitra dengan Muslim Aid Australia sebagai salah satu Founder LSM amal Al-Rafah yang berbasis di Yaman yang berfokus untuk menanggulangi masalah kemiskinan, kelaparan dan kurangnya perawatan kesehatan yang memadai di wilayah Tarim.

Murid-muridnya, terutama Habib ‘Ali Al-Jifri dan Habib Kadhim Al-Saqqaf mendirikan Yayasan Tabah dimana mereka adalah tokoh-tokoh yang memiliki perannya masing-masing. Beliau (Habib Umar) memiliki pengikut yang substansial di media sosial, melalui Majelis Muwasalah yaitu sebuah organisasi yang didirikan oleh murid-muridnya untuk “mempromosikan ajaran ilmiah dari tradisi Hadramawt.”

Ba ‘Alawi Thariqah
Tarekat Ba’Alawi berdiri di wilayah Hadramaut, Yaman, selama lebih dari seribu tahun. Mereka telah menghasilkan sebuah angka yang luar biasa dalam memberikan pendidikan dan ajaran moralitas serta kesalehan dalam misi dakwah mereka, khususnya di Malaysia dan Indonesia. Tarekat Ba’Alawi ini telah menyebar ke seluruh dunia dan terkenal karena menggunakan Ihya Ulumuddin Imam Ghazali sebagai dasar ajaran mereka.

Sumber: https://drive.google.com/file/d/1v2r95UXVepyv_ToI1VYE45u_MxgVPD_a/view?usp=drivesdk

Komentar
Loading...