Habib Umar bin Hafidz: Kiat Sukses Jalani Ramadhan 1445 H

Maret 10, 2024
Habib Umar bin Hafidz: Kiat Sukses Jalani Ramadhan 1445 H

Jakarta, JATMAN Online - Habib Umar bin Hafidz merupakan sosok ulama yang berdakwah dengan manhaj wasathiyah, pewaris ajaran Ahlusunnah wal Jamaah pada Fanspage Habib Umar - الحبيب عمر بن حفيظ menyatakan bagaimana saya bisa berhasil di bulan Ramadhan tahun ini.

Habib Umar mengingatkan agar seorang muslim senantiasa meniatkan dengan niat yang baik walaupun terulang dari tahun ke tahun. 

"Agar tahun ini kita ingin lebih baik lagi, agar timbangan (amal baik) kita semakin berat, dan agar hubungan kita dengan Allah semakin istiqomah. Adanya dorongan, bisikan dan keinginan yang baik ini adalah tanda bahwa Allah senantiasa memberikan pertolongan-Nya kepada seorang hamba dengan kebaikan, dan selama hatinya terpaut dengan harapan yang baik, artinya Allah ingin mengabulkannya dan menyempurnakannya," ujarnya dikutip JATMAN Online, pada Ahad (10/3/2024). 

Habib Umar yang merupakan zuriah Rasulullah juga mengungkapkan pentingnya istiqomah dalam kebaikan terutama dalam hal doa. 

"Bahkan mungkin ditakdirkan untuknya berbagai macam kebaikan yang belum pernah ia bayangkan dan belum pernah ia rasakan! Dan adanya niat baik yang terus berlanjut untuk mendekatkan diri pada Allah, serta niatnya untuk meninggalkan segala dosa dan kesalahannya adalah salah satu tanda kebahagiaan dan takdir baik dari Allah untuk hamba tersebut, maka teruslah ia untuk tetap teguh dalam hal itu dan jangan sampai putus asa," ungkapnya. 

Habib Pimpinan Darul Musthofa mengajak untuk berhusnudhon. Meskipun prasangka tidak mendapatkan apa-apa atau tidak mendapatkan manfaat apa pun dari tahun-tahun yang lalu.

"Hendaklah ia mengetahui bahwa meskipun hanya keberhasilannya dalam berpuasa, dan rezeki Allah atas hidupnya hingga tibanya Ramadhan yang akan datang, dan dengan keinginan untuk selalu lebih dekat, melakukan lebih banyak kebaikan, dan menjadi lebih istiqamah, ini saja sudah merupakan kenikmatan agung yang akan berdampak besar pada kehidupannya, kematiannya, alam barzakh hingga akhiratnya," jelasnya. 

Habib Umar berpesan perbanyaklah keinginan dan harapan (doa), karena sebesar apa pun harapan, Allah jauh lebih besar dari apa yang diharapkan, dan lebih Agung dari apa yang diinginkan.

"Maha Suci Allah, dan Allah tak akan mengecewakan orang-orang yang berharap kepada-Nya, sebagaimana hadist “Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku, maka hendaklah ia berprasangka kepada-Ku sesuai dengan keinginannya.” terangnya. 

Lanjutnya, berprasangka bahwa Allah akan memberikan hidayah-Nya kepada banyak hatinya orang-orang mukmin di bulan Ramadhan yang akan menghampiri kami, dan kepada hati yang belum beriman hingga menjadi hati yang beriman, dan dengan inilah Allah akan siapkan kebaikan bagi dunia, bahkan seisinya.

"Semoga Allah jadikan Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan yang paling berkah bagi kita dan bagi seluruh umat Rasulullah kekasih Allah," pungkasnya. 

Pewarta: Abdul Mun'im Hasan
Ediotr Arip Suprasetio