Connect with us

Nasional

Habib Luthfi Resmi Menyandang Dr HC, Ini Tanggapan Presiden

Published

on

Semarang, JATMAN.OR.ID – Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan penghargaan Doktor Honoris Causa (Dr HC) kepada Maulana Habib Luthfi bin Yahya di Gedung Prof. Wuryanto (Auditorium) UNNES, Gunungpati, Kota Semarang, Senin (9/11).

Habib Luthfi bin Yahya diberikan gelar Doktor Honoris Causa pada Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNNES, Bidang Komunikasi Dakwah dan Sejarah Kebangsaan.

Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi mengikuti rangkaian acara upacara penganugerahan melalui daring. Dalam sambutannya ia mengucapkan selamat kepada Habib Luthfi atas gelar yang diraihnya.

“Selamat kepada yang terhormat yang mulia Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya atas penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Semarang,” ucap Jokowi, secara virtual.

Kemudian Presiden Jokowi memberikan tanggapan terkait pemberian gelar Dr (HC) kepada Habib Luthfi.

“Penghargaan akademik ini membuktikan pengakuan tinggi dunia, pendidikan tinggi kita terhadap kedalaman ilmu dan kontribusi penting Habib Lutfhi dalam mencerdaskan dan memberdayakan umat serta memperkokoh kebangsaan dan kemajuan Indonesia,” jelasnya.

Presiden menyebut Habib Lutfi merupakan tokoh dalam memberdayakan dan mencerdaskan umat serta memperkokoh kebangsaan dan kemajuan Indonesia.

“Kita semua tahu, Habib Lutfi adalah sosok ulama karismatik yang berada di garis terdepan dalam membela negara, yang senantiasa menyerukan cinta tanah air dalam setiap sikap dan ceramah-ceramah beliau,” lanjutnya.

Dijelaskan, melalui aktivitas-aktivitas dakwahnya, tokoh yang juga Ketua Forum Ulama Sufi Dunia ini memiliki keistiqamahan dalam menyebarkan Islam damai, cinta tanah air, dan pemberdayakan ekonomi.

“Habib Muhammad Luthfi merupakan ulama yang konsisten mensyiarkan dakwah Islam yang mengedepankan nilai-nilai patriotisme yang menyerukan pemberdayaan ekonomi umat. Beliau senantiasa menggelorakan gerakan cinta tanah air sebagai perwujudan Islam rahmatan lil ‘alamin dalam setiap dakwah-dakwah beliau,” kata Jokowi.

Habib Luthfi telah memberikan contoh bagaimana seorang tokoh agama berdakwah ditengah kemajemukan, memberikan contoh berdakwah persuasif dalam berdakwah.

“Cara dakwah Habib Lutfhi ini menjadi teladan para ulama dalam bingkai cinta tanah air dan bangga berbangsa Indonesia,” pungkasnya.

Via virtual, Diakhir sambutannya Presiden Jokowi mengungkapkan kekaguman kepada Habib Luthfi yang telah menjadi sosok inspirasi semua kalangan.

“Saya sangat bangga dan merasa terhormat bisa mengenal sosok Habib Luthfi, menjadi sumber inspirasi generasi muda muslim serta menjadi inpirasi seluruh anak bangsa,” ungkapnya.

Berita

132 Kader MATAN Menjadi Relawan Pustaka

Published

on

By

Jakarta, JATMAN.OR.ID: Sebanyak 132 orang mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Mahasiswa Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (MATAN) mendaftar sebagai relawan pustaka pada perpustakaan digital JATMAN yang baru dibangun.

“Pustaka Digital JATMAN ini merupakan program kerja jangka panjang JATMAN Online dalam rangka mewujudkan visi menjadi referensi utama dan pertama tasawuf di Nusantara,” ungkap Muhammad Afdhol, inisiator pembuatan pustaka digital JATMAN.

Perpustakaan Digital JATMAN ini dibatasi pada koleksi dengan tema tasawuf dan turunannya. Ia sudah dapat diakses pada link https://pustaka.jatman.or.id. “Beberapa koleksi buku sudah dapat dibaca pengunjung,” imbuhnya.

Seluruh relawan pustaka melakukan inventarisasi koleksi tasawuf, baik koleksi berbahasa Indonesia, Arab maupun Inggris. Buku-buku yang sudah masuk list lalu disubmit ke dalam sistem pengelolaan koleksi. Sistem ini menggunakan aplikasi opensource Senayan versi terbaru yang dirilis oleh Slims.

Dari 132 relawan ini, dibentuk group-group kecil yang menangani bidang-bidang yang berbeda. Mulai dari tim inventarisasi, tim pengetikan dan tim admin yang melakukan submit. “Bila gedung JATMAN nanti sudah memungkinkan dan ruang pustaka juga sudah available, tidak menutup kemungkinan perpustakaan offline juga akan dibangun,” kata Afdhol. Pada waktunya nanti, relawan ini akan dibagi ke dalam beberapa group lain untuk menangani pengadaan buku dan perawatan koleksi.

Untuk menyesuaikan kemampuan relawan pustaka ini, Pengurus Pusat MATAN akan memberikan pelatihan tehnik pengelolaan dan manajemen perpustakaan. “Kita akan carikan narasumber yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan skill dan pengetahuan pengelola perpustakaan JATMAN ini,” dukung Ketua Umum MATAN, DR. Hasan Chabibie, M.Si.[Red]

Continue Reading

Berita

Sowan ke Habib Luthfi, Addie MS Takjub kepadanya

Published

on

By

Jakarta, JATMAN.OR.ID – Addie MS akhirnya mendapatkan kesempatan sowan atau berkunjung kepada Maulana Habib Luthfi bin Yahya. Ia mengungkapkan bahagianya bisa bertemu langsung Habib Luthfi yang merupakan Rais ‘Aam Idarah Aliyah Jam’iyyah Ahlith Thariqah al Mu’tabarah an Nahdliyyah (JATMAN).

“Habib Luthfi selalu memberikan kesejukan melalui dakwah-dakwah yang disampaikannya dengan tutur kata yang santun,” kata Addie MS, melalui Instagramnya, Jum’at (20/11).

Habib Luthfi bin Yahya baru-baru ini diberikan gelar Doktor Honoris Causa pada Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNNES dalam Bidang Komunikasi Dakwah dan Sejarah Kebangsaan.

Pendiri Twilite Orchestra mengatakan bahwa Ketua Forum Ulama Sufi Dunia Habib Luthfi selalu menyerukan kepada siapapun pentingnya menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semangat beliau tak pernah padam untuk selalu mengingatkan pentingnya persatuan NKRI,” tulisnya.

Suami dari Meidyana Maimunah alias Memes itu pun mengungkapkan rasa takzimnya kepada ulama dan mursyid tarekat asal Pekalongan, Jawa Tengah itu.

“Takdzimku pada Dr. (HC) Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya,” ungkapnya.

Foto pertemuan dua tokoh itupun dibanjiri komentar positif para netizen di Instagramnya. “Adem liatnya, beginilah seharusnya pemuka agama, bukan suka menghujat, ujaran kebencian, buat onar, kerusuhan,” ungkap pemilik akun @daydew888.

Sementara akun @monyopocho mengatakan, “Wajahnya aja sdh keliatan org baik, wajahnya adem, semoga Habib dan mas addie selalu dlm lindungan Tuhan.”

Komentar bernada positif lainnya juga diungkapkan pemilik akun @scholasticaindah, “Sejuk mata memandang Al Habib Luthfi, Sungguh jiwa Rasulullah terpancar dari hati beliau,” tulisnya.

Diketahui, Habib Luthfi merupakan salah satu tokoh muslim berpengaruh dunia asal Indonesia. Namanya masuk pada urutan ke-33 daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia edisi Oktober 2019 yang dirilis oleh Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), sebuah lembaga independen Islam berbasis di Aman, Yordania..

Habib Luthfi juga merupakan Rais ‘Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah al Mu’tabarah an-Nahdiyyah (JATMAN), organisasi dibawah naungan NU. Organisasi ini mewadahi tarekat-tarekat mu’tabarah yang banyak dianut di dunia.

Selama ini, Habib Luthfi sering mendakwahkan nasionalisme melalui tarekat. Di berbagai ceramahnya, Habib Luthfi selalu menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Hal inilah yang membuat Habib Luthfi dicintai semua kalangan termasuk kalangan non muslim.

Continue Reading

Berita

Maulid Akbar Kanzus Sholawat Diundur

Published

on

By

Pekalongan, JATMAN.OD.ID: Maulid Akbar yang sedianya akan dilaksanakan Minggu, (22/11) mendatang di Gedung Kanzus Shalawat, Pekalongan, diundur. Demikian info yang dilansir Sekjend Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN), Dr. H. Mashudi, M.Ag. melalui pesan di WhatsApp Group Idaroh Aliyyah pukul 21.50 WIB semalam.

Maulid Akbar insya Allah akan digelar pada tanggal 20 Desember 2020. Disampaikan kepada seluruh pengurus Aliyyah sampai Sa’afiyyah JATMAN dan jamaah untuk dapat menginformasikan pengunduran ini kepada jamaah yang lain.

Informasi senada juga dirilis Majlis Ta’lim Darul Hasyimi. Majlis yang dipimpin oleh Habib Baha’uddin ini menyebutkan bilamana ada perubahan akan diinformasikan lebih lanjut.[Af]

Continue Reading

Facebook

Trending