Habib Luthfi Mendapat Penghargaan atas Gagasan Kebudayaan yang Rahmatan Lil’alamin

JAKARTA – Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya masuk dalam daftar 74 orang dan lembaga yang dinilai berprestasi di bidangnya masing-masing dan akan mendapat penghargaan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Penghargaan yang bertajuk ‘Apresiasi Prestasi Pancasila 2019’ tersebut akan diserahkan pada 19-21 Agustus 2019 di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Habib Luthfi sebagai agamawan mendapat penghargaan atas prestasi dan inspirasi di bidang agama dengan gagasan kebudayaan yang rahmatan lil’alamin. Selain itu KH. Mustofa Bisri sebagai budayawan dan penyair juga mendapat penghargaan atas karya-karyanya yang inspiratif.

Dalam konferensi persnya di Gedung BPIP, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Selasa (13/8), Pelaksana tugas Kepala BPIP, Hariyono mengatakan bahwa BPIP berkomitmen untuk mengarusutamakan Pancasila. Namun, mantan wakil BPIP tersebut beranggapan upaya main streaming tersebut memiliki hambatan. Diantaranya, minimnya keteladanan.

“Bukan tidak adanya teladan, tapi kurangnya sosok-sosok teladan yang diangkat di ruang publik,” ucap Hariyono.

Menurut keputusan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila republik Indonesia no 10 tahun 2019, bahwa penghargaan dibagi dalam empat kategori, yaitu sains dan inovasi, olahraga, seni dan budaya dan bidang kreatif termasuk social entrepreneur.

Dengan adanya penghargaan ini, kata Haryono, Pancasila sebagai ideologi final bisa terus dirawat melalui keteladanan dan memberikan inspirasi untuk membangun prestasi bangsa.

“Kami ingin menekankan bahwa Pancasila sebagai ideologi masa depan diharapkan bisa memberikan inspirasi untuk membangun prestasi dan reputasi bangsa depan,” imbuhnya. (eep)

Komentar
Loading...