Habib Luthfi: Indonesia Butuh Tokoh-Tokoh Pemersatu

JAKARTA – Dalam gelaran tahlil malam ke-7 atas wafatnya KH. Maimun Zubair di kediaman Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Senin (12/8) malam, Rais Aam JATMAN tersebut menegaskan bahwa peran ulama tidak bisa dipisahkan dengan ahlul bait.

Menurut Habib Luthfi, baik ulama maupun ahlul bait memiliki peran dalam penyebaran agama Islam di Indonesia serta merawat keragaman, kedamaian dan toleransi dengan sesama. Ia mengimbau untuk meneladani para penyebar Islam di Indonesia termasuk Walisongo yang mendakwahkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin di Nusantara.

“Perjuangan wali sembilan ini harusnya menjadi acuan untuk kita menjadi pendamai, juru damai, pemersatu yang luar biasa,” lugas Habib Luthfi.

Dakwah wali songo, menurut Habib Luthfi bisa diterima secara sosial dan politik, karena para wali selain menampakkan budi luhur dan santun juga memberikan kontribusi positif di berbagai bidang kepada masyarakat dan kerajaan pada saat itu.

Meskipun sudah wafat, kata Habib Luthfi, para wali tersebut masih bisa turut andil terhadap perekonomian masyarakat dan membawa iklim damai terutama bagi para peziarah yang tak pernah surut.

“Jadi yang saya kagumi, beliau-beliau itu wafat ratusan tahun yang lalu, tapi masih mampu membangun ekonomi rakyat dan mampu mempersatukan umat,” ucap Habib Lutfi. (eep)

Komentar
Loading...