Habib Luthfi dan Ribuan Jamaah Hadiri Haul Sunan Ampel Yang ke-542

0

SURABAYA – Rais Aam JATMAN Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dan ribuan jamaah menghadiri acara Puncak Haul Agung Sunan Ampel yang ke 542 di komplek Makam Sunan Ampel atau Raden Ahmad Rahmatullah. Acara dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB hingga menjelang maghrib (27/4).

Kehadiran Habib Luthfi selain mengikuti Tahlil Akbar sekaligus untuk memberikan tausiah dan menyampaikan sekilas sejarah salah satu tokoh paling penting penyebar Agama Islam di nusantara yang biasa dikenal dengan Wali Songo. Ribuan jamaah yang datan dari berbagai daerah sudah mulai memadati komplek maqbarah sejak pagi.

“Sangat berbahagia sekali kita bisa berkumpul dalam rangka menghauli atau mengulangtahuni seseorang bapak daripada segala para wali khususnya yang ada di Indonesia ini,” ucap Pimpinan Muntada As Sufi Al ‘Alami sore itu.

Habib Luthfi yang mengenakan pakaian serba putih kala itu menyayangkan bahwa banyak tokoh Islam di Indonesia digelar haulnya namun sejarahnya tidak dibaca dan dibahas. Hal tersebut beliau sampaikan karena kekhawatirannya pada generasi penerus yang tidak tahu bahkan tidak mengenal cikal bakal dan sejarah Islam tumbuh di bumi nusantara.

“Semoga kekhawatiran ini tidak terjadi di masa depan”, lugas ulama yang masuk dalam 50 besar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia tersebut.

Rangkaian acara haul sudah dimulai sejak Kamis malam (25/4), dan akan berakhir pada Ahad Malam. Acara terdiri mulai dari khataman Al Qur’an, Kirab, Khitanan Massal, Pengajian Umum di Masjid Ampel hingga pembacaan shalawat oleh Hadrah ISHARI. Hadir pula dalam acara tahunan tersebut Wakil Rais Aam JATMAN KH. Ali Mas’adi. (eep)

Comments
Loading...