Habib Bidin Sebut Pj Bupati Kudus Teman Seperjuangan di Thariqah

Maret 10, 2024
Habib Bidin Sebut Pj Bupati Kudus Teman Seperjuangan di Thariqah

Kudus, JATMAN Online - Pimpinan Majelis Sholawat Az-Zahir Habib Ali Zainal Abidin Assegaf (Habib Bidin) mengungkapkan Pj. Bupati Kudus Dr. M Hasan Chabibie merupakan teman seperjuangan di jalan Thariqah.

“Beliau ini seperjuangan dengan saya, karena beliau adalah Ketua Umum Pusat MATAN (Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah),” kata Habib Bidin dalam sambutan acara Kudus Bersholawat di Pendopo Kabupaten Kudus, Sabtu (09/03/2024).

Habib Bidin menyebutkan sering berjalan dan berdakwah bersama dengan Gus Hasan (sapaan Pj Bupati Kudus) ddalam menyebarkan dan mengajak belajar di Jam’iyyah Ahlith Thoriqoah Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah.

“Sebelum menjadi PJ Bupati ini, saya dan beliau sudah sering jalan bareng untuk menyebarkan dan mengajak untuk masuk thariqah,” ujar Habib Bidin.

Sebelum itu, Gus Hasan mengharapkan keberkahan untuk masyarakat Kudus atas hadirnya Habib Bidin ke Kudus.

“Semoga kedatangan Habib Bidin ini membawa keberkahan untuk masyarakat Kudus secara keseluruhan,” ungkap Gus Hasan.

Penggerak Tarekat untuk kalangan Mahasiswa (MATAN) ini mengungkapkan bahwa agenda Kudus Bersholawat merupakan rangkaian acara Dandangan Kudus 2024.

“Agenda ini salah satu yang masuk agenda Dandangan 2024 sebagai warisan dari Kanjeng Sunan Kudus yang usianya sudah ratusan tahun,” tutur Gus Hasan.

Seperti diketahui, Dandangan Kudus merupakan Warisan Budaya Tak Benda. Tradisi ini merupakan festival yang diadakan sebagai penanda untuk menyambut awal bulan Ramadan di Kabupaten Kudus. Tradisi ini dilakukan dengan menabuh bedug yang ada di Masjid Menara Kudus untuk menandai awal bulan Puasa atau Ramadan. Kata dandangan diciptakan dari bunyi bedug khas di Masjid Menara Kudus. Resonansi bedug menghasilkan suara yang nyaring dengan bunyi “dang”.

Pada awalnya, Dandangan merupakan tradisi berkumpulnya para santri di depan Masjid Menara Kudus setiap menjelang Ramadan. Mereka berkumpul untuk menunggu Sunan Kudus mengumumkan awal bulan Ramadan atau awal menjalankan ibadah puasa.

Seiring berjalannya waktu, momentum ini juga dimanfaatkan oleh para pedagang yang berjualan di sekitar masjid. Saat ini tradisi dandangan juga dikenal masyarakat di Kudus sebagai pasar malam yang diadakan setiap menjelang Ramadan.