Portal Berita & Informasi JATMAN

Habib Ali Al-Jufri: Hakikat Islam Rahmatan Lil ‘Alamin

0 1.055

Dalam acara silaturahmi bersama dai terkemuka asal Abu Dhabi, ulama moderat, Habib Ali Zainal Abidin al-Jufri di Balai Pertemuan Yasmin Darul Aitam, Tanah Abang Jakarta, 12 April 2018, menekankan wajah Islam yang sejuk dan damai. Habib Ali menjelaskan hakikat Islam rahmatan lil ‘alamin.

“Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin. Artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua/seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.” Tutur Habib Ali al-Jufri di hadapan ribuan jamaah yang hadir. Sesuai dengan firman Allah dalam Surat al-Anbiya ayat 107 yang terjemahannya: “Dan tiadalah Kami mengutus kamu melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”.

Islam melarang manusia berlaku semena-mena terhadap makhluk Allah. Lihat saja sabda Rasulullah Saw. sebagaimana yang terdapat dalam hadits riwayat Imam al-Hakim, “Siapa yang dengan sewenang-wenang membunuh burung, atau hewan lain yang lebih kecil darinya, maka Allah akan meminta pertanggungjawaban kepadanya.”

Burung tersebut mempunyai hak untuk disembelih dan dimakan, bukan dibunuh dan dilempar. Sungguh begitu indahnya Islam itu bukan? Dengan hewan saja tidak boleh sewenang-wenang, apalagi dengan manusia. Bayangkan jika manusia memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam, maka akan sungguh indah dan damainya dunia ini.

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, sekali lagi, terbanyak di dunia. Maka melihat keterangan di atas, seharusnya Indonesia menjadi negara yang indah, damai, dan beradab.

Tapi lihat saja kenyataannya, kita tidak bisa menutup mata dan telinga dengan pemberitaan sehari-hari yang mengabarkan tentang kisah-kisah menyedihkan dan tak beradab. Mulai dari anak-anak yang melakukan pencabulan, berjudi, menghisab sabu. Remaja tawuran antar sekolah, kumpul kebo, menjadi pengedar, minum-minuman keras. Orangtua yang mencabuli anaknya sendiri, membunuh anggota keluarga sendiri, membunuh karena masalah sepele, bunuh diri, mutilasi, dan sebagainya. Sampai kepada pejabat kita yang melakukan tindak asusila, dan korupsi besar-besaran.

Hampir setiap hari kejadian semacam ini keluar di pemberitaan. Sebenarnya apa yang terjadi? Di mana moral mereka? Bukankah sebagian besar dari mereka adalah muslim? Bukankah orang muslim seharusnya menjadi rahmatan lil ‘alamin?

“Mari kita doakan bersama-sama, semoga Indonesia menjadi negeri yang makmur dan sentosa dan rakyatnya sejahtera. Dan Allah wujudkan cita-cita menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Amin.” Tutup Habib Ali al-Jufri mengakhiri mau’idzah hasanahnya. (Alhabib Quraisy Baharun/Syaroni As-Samfuriy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.