H. Muhammad Sulthon Fathoni, Ketua PBNU Wafat

0

JAKARTAInna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah wafat salah seorang Ketua PBNU Bapak HM. Muhammad Sulthon Fathoni. Beliau menghembuskan nafas terakhir pada pukul 00.47 WIB di RS. Permata Depok Kamis (8/8) dini hari.

“Insya Allah jenazah akan dishalatkan di Masjid Annahdlah PBNU pada pagi ini pkl 8.00 WIB,” ucap Dr. H. Asrorun Niam Sholeh pada JATMAN Online.

Jenazah sebelumnya bergerak dari Rumah Sakit dibawa ke kediaman Dr. H. Asrorun Niam Sholeh di Komplek BDN Depok untuk dimandikan dan dikafani hingga pukul 04.30 WIB. Lalu disemayamkan dan dishalatkan di Masjid al-Barokah Komplek BDN Depok, selepas shalat shubuh berjamaah.

Mantan Ketua KPAI tersebut menginformasikan bahwa jenazah almarhum setelah dishalatkan bergerak ke kantor PBNU di Jalan Kramat Raya 164 Jakarta, baru setelah itu bergerak ke Bandara Soetta Jakarta untuk diterbangkan ke Surabaya. Penerbangan pukul 14.00 WIB dan tiba di Surabaya diperkirakan pukul 15.30 WIB.

Perjalanan dilanjutkan menuju rumah duka di Komplek Madrasah al-Munawwarah Jl. Citarum No. 38 Suko Jogoyudan Lumajang dan sekitar pukul 17.00 WIB tiba. Baru setelah itu, kata Deputi Pengembangan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga, jenazah
dimakamkan di pemakaman keluarga Lumajang.

Selain aktif di PBNU, almarhum adalah penulis buku Pintar Islam Nusantara, Kaum Muda NU dalam Lintas Sejarah, NU: Identitas Islam Indonesia yang ditulis bersama Hilmi Muhammadiyah dan Ulil Abshar. Ia juga pernah mengemban amanah sebagai Ketua Lembaga Ta’lif wan Nasyr NU dan pengurus Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) serta menjadi Wakil Rektor di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta dan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU. (eep)

Comments
Loading...