Gus Yaqut Lepas Keberangkatan Jamaah Kloter 1

September 21, 2023
Gus Yaqut Lepas Keberangkatan Jamaah Kloter 1

Jakarta, JATMAN Online – Jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/05) untuk melakukan penerbangan ke jeddah Saudi Arabia.

Jamaah calon haji dilepas langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut). Setiba di Bandara Soekarno-Hatta, Gus Yaqut langsung menyapa jamaah di ruang tunggu keberangkatan dan meninjau ruang fast track (jalur cepat).

“Jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi jika ada keluhan terkait kesehatan. Telah disiapkan juga para petugas yang akan memberikan pelayanan, pelindungan, dan pembinaan kepada jamaah,” kata Gus Yaqut saat berbincang dengan sejumlah peserta haji, dikutip Antara, Rabu (24/05).

Gus Yaqut mengatakan bahwa jamaah tahun ini merupakan orang-orang yang terpilih berangkat ke Baitullah, menunaikan Rukun Islam kelima, yaitu beribadah haji.

Menurut dia, ibadah haji memerlukan fisik yang prima. Karenanya, jamaah harus selalu memperhatikan aspek kesehatan selama di perjalanan, di Arab Saudi, hingga nantinya kembali ke Tanah Air.

“Jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunah, terlebih bila merasa kesehatannya tidak memadai,” ujarnya.

Gus Yaqut berharap, jamaah dapat manfaatkan kesempatan beribadah haji ini dengan baik, sesuai kondisi fisik. Jika ada kesulitan dalam beribadah, mereka dapat mengonsultasikan kepada para petugas pembimbing ibadah.

“Saya berharap, seluruh jamaah haji Indonesia dapat menunaikan ibadah haji dengan baik, mendapat kemudahan dan kelancaran, serta kembali ke Tanah Air dengan selamat,” ucapnya.