Getaran Gelombang Tarekat dari MATAN Parepare

0

PAREPARE – Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (MATAN) PC Kota Parepare mulai menggetarkan gelombang tarekat di Kota Parepare. “Kita berharap getaran tarekat dimulai di kota Parepare. Dari sini akan menyebar ke daerah lain dan dirasakan getaran tarekat,” harap Panitia Suluk MATAN Kota Parepare, Minhajuddin Achmad pada pembukaan Suluk MATAN angkatan II, Jum’at (22/3).

Ketua PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Parepare, Dr. Hannani Yunus, MA dalam sambutannya berharap agar kader MATAN mampu menjelaskan bahwa tarekat merupakan metode atau jalan menuju Tuhan bukan seperti anggapan sebagian masyarakat yang kurang memahami tarekat.

“Kalau mau memahami tarekat, ya bertarekatlah,” pungkas Hannani yang juga Dosen IAIN Parepare.

Ia juga mengatakan bahwa kader-kader MATAN itu tak perlu diragukan kecintaannya terhadap NKRI, karena dalam suluk (pengkaderan) ditanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap NKRI.

Hadir dalam pembukaan Suluk MATAN (Sultan) I Kota Parepare para mursyid dan khalifah tarekat mu’tabarah diantaranya, mursyid Tarekat Khalwatiyah Samman Syekh Muhammad Irsyan Daeng Mangerang, mursyid Tarekat Naqsyabandi Haqqani Muhammad Rusmin, mursyid Tarekat Khalwatiyah Syaikh Yusuf Habib As-Sayyid Abdul Malik Assegaf, dan khalifah Tarekat Qadiriyah wan Naqsyabandi (TQN).

Serta dihadiri pula oleh Dandim Kota Parepare, perwakilan Pemkot Parepare, kepala Kantor Kesbang Kota Parepare, dan seluruh kader-kader MATAN Pinrang dan Parepare.

Ketua PC MATAN Parepare, Adri Aladin menyebut bahwa peserta suluk PC MATAN Parepare untuk angkatan II ini berjumlah 56 orang. Dijadwalkan untuk materi Suluk hari ini (23/3) ialah tentang Signifikansi MATAN dan Thariqah yang disampaikan oleh Ketua Korwil (Koordinator Wilayah) MATAN Sulawesi, H. Anwar Abubakar.

Sedangkan malam nanti, dilanjutkan dengan materi Leadership Kemursyidan oleh Habib Abdurrahim Assegaf Puang Makka yang akan mengurai tentang konsep kepemimpinan sufi dan kedudukan mursyid dalam thariqah.

Adri menambahkan bahwa Suluk PC MATAN Pare dilaksanakan selama tiga hari mulai Jum’at hingga Ahad (22-24/) di Gedung Kwartir Pramuka Kota Parepare. “InsyaAllah besok Ahad (24/3) akan ditutup dengan materi Doktrin Aswaja dirangkaikan baiat oleh Ketua PW MATAN Sulsel, Dr. Kiyai Mahmud Suyuti,” tutupnya. (Eep)

Comments
Loading...