Gaungkan Narasi Damai, The Political Literacy Institute dan PPIM Gelar Sarasehan dan Launching Khutbah Jumat Kontemporer

0

JAKARTA – The Political Literacy Institute bekerja sama dengan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Sarasehan DKM Masjid Jabodetabek dan Launching Buku Khutbah Jumat Kontemporer; Fostering Tolerant Religious Education To Prevent Violent Extrimism. “Ini adalah bentuk ikhtiar sederhana menebar, menyemai benih Islam yang damai, toleran dan menebar kasih sayang,” ucap Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si dalam sambutannya.

Dr. Gun Gun menjelaskan 3 tujuan sarasehan ini dilaksanakan. Pertama, untuk memperkuat silaturahim dan sinergi antar umat yang memiliki misi rahmatanlil’alamin. Kedua, launching buku khutbah, menurutnya hal ini didasarkan karena banyaknya khutbah yang notabene sebagai konsumsi umat reguler setiap pekannya justru cenderung keras dan tidak toleran. Ketiga, membangun jejaring dan sepakat menyebar kedamaian.

“Kita harus bersama, seperti puzzle yang harus terkoneksi satu sama lain agar menjadi kesatuan umat yang mampu merangkul, menjaga dan memberi kedamaian,” pungkas Wakil Direktur The Political Literacy Institute (13/1).

Acara yang diadakan di Aula 34 Masjid Istiqlal Jakarta dihadiri undangan yang terdiri dari perwakilan pengurus masjid, khatib, organisasi remaja, mahasiswa, peneliti, Majelis Ulama Indonesia (MUI) representasi dari Jabodetabek.

Hadir sebagai narasumber KH. Zamakhsyari Abdul Majid, Lc, MA Ketua MUI Kota Bekasi, Muhammad Zein, MA (Dai TVRI), Dr. Iding Rosyidin, M.Si. serta dari PPIM UIN Jakarta, Dr. Hamid Nasuhi, MA.

Dalam pemaparannya, Dr. Iding Rosyidin, mengutip ungkapan M. Abduh Al islamu mahjubun bilmuslimin Islam tertutup oleh umat Islamnya sendiri. “Jika dahulu terjadi karena kejumudan umat Islam, kali ini mahjub (tertutup) karena kekeliruan pemahaman terhadap teks baik al Quran hadis maupu sumber lain yang menjadi ekslusif dan sejenisnya,” tutur Dosen FISIF UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Para undangan juga akan mendapatkan Buku Khutbah Jumat Kontemporer, “Mendakwahkan Islam Rahmatan Lil’alamin,” yang diterbitkan oleh kerjasama The Political Literacy Institute, Convey Indonesia, PPIM UIN Jakarta dan United Nations Development Programme (UNDP)

Ditemui Jatman Online, Muhammad Hanifuddin, “Kita juga membagikan 1000 eksemplar buku khutbah Jumat Edisi 1 dan 750 buku khutbah Jumat Edisi 2 kepada DKM Masjid se-Jabdetabek untuk memaksimalkan narasi damai Islam (rahmatan lilalamin) melalui mimbar jumat,” ungkap Koordinator Program acara tersebut. (eep)

Comments
Loading...