Gasak Southampton 4 Gol, Liverpool Akan Hilangkan Kutukan 30 Tahun

Liverpool terus menorehkan prestasi. Usai tahun 2019 menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia Antar Klub. Kini Liverpool semakin dekat menjadi kampiun Liga Primer Inggris. Dan menghilangkan kutukan 30 tahun.

Sabtu, malam tadi (2/2/2020) Liverpool berhasil menggasak klub Southampton 4 gol tanpa balas. Gol dicetak masing-masing oleh Chamberlain, J. Henderson, dan sepasang gol dari penyerang muslim Mohamed Salah.

View this post on Instagram

What. A. Team ♥️ #LFC #LiverpoolFC

A post shared by Liverpool Football Club (@liverpoolfc) on

Walhasil, Liverpool tak terkalahkan sepanjang musim ini. Liverpool berhasil menang 24 kali dalam 25 pertandingan. Mengumpulkan 73 poin, unggul 22 poin dari pesaingnya terdekatnya Manchester City. Hebatnya, pasukan Juergen Klopp ini telah mengalahkan seluruh tim di pagelaran kasta tertinggi Liga Inggris tersebut.

Bila dilihat, pencapaian klub berjuluk The Reds ini bukan tanpa sebab. Performa yang apik dan konsisten di setiap laga membuktikan kalau Liverpool punya mental jempolan. Hal tersebut pastilah ditunjang oleh faktor pendukungnya.

Berikut 4 rahasia keberhasilan Liverpool.

1. Punya pelatih yang mumpuni

Dilansir dari m.bola.com, Liverpool ditukangi oleh Juergen Klopp yang datang mengubah permainan Liverpool sejak 2015. Agen Juergen Klopp, Marc Kosicke menilai pelatih The Reds ini punya filosofi dan kemampuan luar biasa untuk mengangkat level energi setiap orang.

Foto: telegraph.co.uk

Selain itu, mantan pelatih Borussia Dortmund ini juga memiliki kemampuan bagaimana mengoptimalkan skuad yang dimilikinya.

“Jurgen juga memiliki pengetahuan luar biasa tentang manusia dan tahu mana pemain yang fit. Bukan hanya soal kemampuan, tapi juga karakter,” imbuhnya.

2. Memiliki tim analisis yang ciamik

Pelatih Liverpool asal Jerman itu mengakui, bahwa keperkasaan Liverpool karena memiliki tim analisis yang siap mendukung. Dengan begitu Liverpool bisa mengembangkan hal yang menjadi kekuatan dan memperbaiki hal-hal yang jadi kelemahan selama ini. Bahkan untuk persoalan mendasar, klub yang bermarkas di Anfield ini sampai mendatangkan pelatih spesialis lemparan ke dalam, Thomas Gronnemark.

Foto: mirror.co.uk
3. Kedisiplinan dan kerja keras pelatih serta pemain

Mohamed Salah dan kawan-kawan selalu disiplin dalam berlatih dan bekerja keras di lapangan. Setiap pemain sudah mengerti kapasitas dirinya masing-masing dan melakukan yang terbaik di posisinya.

Foto: liverpoolfc.com

Saat pemain diberikan kesempatan bermain, maka ia benar-benar memberikan kontribusi dan totalitas untuk tim. Kerjasama tim yang solid serta gairah dan ambisi yang besar untuk memetik kemenangan di setiap pertandingan adalah kunci The Reds.

4. Manajemen dan kepemimpinan yang top

Liverpool memiliki manajemen yang terbuka terhadap kritik dan menerima kekurangan. Itulah sebabnya pelatih dikelilingi oleh tim spesialis untuk mewujudkan visi Juergen Klopp. Pembinaan bibit di akademi Liverpool juga ikut menjadi bagian rencana besar dari tim yang memiliki lagu You’ll Never Walk Alone. Selain manajemen klub yang baik, keuangan yang sehat turut andil mempengaruhi kembalinya The Reds menjadi klub yang paling ditakuti di benua biru.

Foto: goal.com

Dengan kepemimpinannya, Klopp sudah mulai berhasil mengembalikan kejayaan klub yang berdiri sejak 1892 tersebut. Jika konsisten, kutukan 30 tahun belum menjuarai Liga Primer Inggris akan segera sirna.

“Sangat penting bagi Anda berusaha memahami orang-orang di sekitar Anda dan memberi mereka dukungan nyata. Maka setiap orang bisa beraksi. Itulah kepemimpinan,” ujar Klopp.

Liga Inggris dikenal sebagai liga paling kompetitif di dunia. Dengan determinasi dan tekanan yang luar biasa di setiap pertandingannya. Setiap klub tak bisa berdiam diri dan santai bahkan usai menang sekalipun. Laga selanjutnya sudah siap menunggu. Siapa yang tak siap beradaptasi dengan lawan-lawannya, bersiap-siaplah untuk tersungkur. Kita bisa belajar bagaimana Liverpool bisa fokus dalam pencapaiannya saat ini. Apa hikmah yang bisa kamu petik dari Liverpool untuk pencapaian hidupmu?

Baca Lainnya
Komentar
Loading...