Ensiklopedi al Qur’an Berbahasa Inggris Diluncurkan di Manchester

0

JAKARTA – Ensikopedi al Qur’an terbaru hadir di Inggris, ulama Inggris, Dr. Muhammad Tahir ul Qadri yang merupakan pendiri Minhajul Qur’an International Worldwide dan Minhaj Welfare Foundation berharap dengan meluncurkan ensiklopedi berbahasa Inggris tersebut bisa memudahkan para pembaca untuk mengetahui aneka hal yang terdapat dalam al Qur’an. Baik itu mengenai penciptaan manusia, alam semesta, hingga tuntunan moral dan etika menjalani kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari Republika, Peluncuran ensiklopedi Al Quran yang berlangsung di Manchester, Inggris itu dihadiri sekitar 2.000 orang termasuk sejumlah tokoh lintas agama yang menjadi pembicara seperti Swami Vishma Anand dari Gujarat India, Dr Julian Hargreaves dari Institut Woolf, Imam Qari Asim dan pejabat Inggris, Afzal Khan.

Cendekiawan dari Pakistan tersebut mengatakan bahwa dengan diluncurkannya ensiklopedi tersebut, muslim yang berbahasa Inggris, para cendekiawan, akademisi, mahasiswa dan masyarakat umum bisa secara langsung berinteraksi dengan kitab suci al Qur’an. Hal ini juga, kata tokoh yang masuk dalam 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia, akan mencegah para penyebar kebencian sehingga tidak dapat memutarbalikkan atau menggunakan al Qur’an di luar konteksnya untuk mencuci pikiran generasi muda sehingga terpapar radikalisme dan ekstremisme.

Sementara Imam Qari Asim pimpinan Leeds Makkah Mosque, yang hadir dan menjadi pembicara dalam peluncuran ensiklopedi Alquran itu mengapresiasi karya Dr. Muhammad Tahir ul Qadri.

“Ensiklopedi Alquran adalah karya yang luar biasa dan studi tentang bagian-bagian yang relevan memperjelas mengapa Islam dikenal sebagai ‘agama damai’,” kata Editor Senior Imams Online tersebut. (eep)

Comments
Loading...