Dukung Dakwah Kekinian, PP MATAN Gelar Pelatihan Dai Virtual

0

SEMARANG – Demi mendukung dakwah kekinian dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, PP MATAN (Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah) menggelar
Pelatihan Video Maker dan Da’i Virtual MATAN di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawi, Gunung Pati Semarang, Jawa Tengah.

Acara yang berlangsung selama dua hari, Sabtu – Ahad (27-28 April 2019) diinisiasi oleh PP MATAN Dep. Dakwah dan Keilmuan bersama Dep. Kominfo, dan dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Pustekkom Kemendikbud.

“Ust. Shihab Muin selaku penanggung jawab menyebut bahwa pelatihan bertujuan untuk menunjang dakwah tasawuf dan Islam moderat. “MATAN melalui Dep. Dakwah dan Ke-Ilmuan akan turut aktif terlibat dalam dakwah-dakwah tasawuf dan Islam Moderat oleh para Dai Virtual Muda Thariqah,” ucap Dai Instruktur Nasional JATMAN tersebut.

Melalui dakwah virtual ini, tambah Shihab, diharapkan Thariqah menjadi lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas, khususnya generasi milenial. Ia juga mengatakan bahwa pelatihan ini bagian dari upaya mewujudkan masyarakat yang berakhlakul karimah.

Pelatihan dibuka langsung oleh pembina MATAN Pusat Prof. KH. Abdul Hadi dan ditutup oleh Ketua Umum PP MATAN Dr. Hamdani Mu’in.

Acara yang diadakan di Pesantren yang menekankan Tahfidzul Qur’an sekaligus Tarekat Syadziliyah tersebut diikuti 50 peserta dari perwakilan MATAN seluruh Indonesia setelah melalui seleksi. Mereka diantaranya berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat, serta luar Jawa.

Para peserta mendapatkan materi yang disampaikan oleh Bapak Hasan Habibie, Bapak Malik dan Ibu Wiwin dari TIM IT Pustekkom Kemendikbud serta dibimbing langsung oleh Abdulah Badri, selaku Mentor workshop yang juga Direktur Duta Islam. Peserta juga mendapat pembekalan dari KH. M. Masroni selaku pimpinan Ponpes Sunan Gunung Jati Ba’alawi. (eep)

Comments
Loading...