Dua Hal Yang Mesti Dilakukan Kalau Kamu Bertarekat

Untuk kamu yang sudah bertarekat, dua hal ini tentu sudah sangat akrab dan menjadi prioritas dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa keduanya, tarekat yang juga punya arti metode untuk mendekatkan diri pada Allah bisa dibilang hampir sia-sia.

Syekh Muhammad Fathurrahman, Mursyid tarekat Idrisiyyah memaparkan bahwa dalam kitab At Tasawuf fis Syi’ril Arabiy, ada dua rumusan bertarekat yang mesti dilakukan oleh seorang murid atau yang biasa disebut salik.

Pertama, mujahadah melawan hawa nafsu setiap saat

Mujahadah berasal dari kata jaahada yang berarti bekerja keras, berjuang dan bersungguh-sungguh, yakni untuk menahan dan mengendalikan hawa nafsu.

Yaitu, bagaimana kamu mendidik hawa nafsu sepanjang hayat. Karena hawa nafsu itu sering mengajak pada keburukan dan kejahatan. Maka seorang salik mesti berusaha untuk menundukkan hawa nafsunya. Tanpa mujahadah untuk mendidik dan mengendalikan hawa nafsu, beribadah tidak akan seutuhnya benar.

Rasul Saw pun bersabda, “Dunia adalah penjaranya orang beriman dan surganya orang kafir”. (HR. Muslim).

Artinya seorang mukmin itu sebetulnya terpenjara selama di dunia karena terlarang untuk menuruti syahwatnya yang haram dan masih mendapatkan beban untuk melaksanakan kewajiban.

Itulah sebabnya kematian bagi seorang mukmin adalah istirahat yang sebenarnya, dan kembali mendapatkan kenikmatan yang Allah janjikan. Sedangkan orang kafir menjadikan dunia ini adalah surga bagi hawa nafsunya.

Kedua, riyadhah mengolah potensi qalbu

Potensi qalbu ini tidak boleh diabaikan. Jika ada istilah olahraga untuk melatih jasmani manusia. Maka riyadhah ini bertujuan untuk melatih ruhani manusia.

Caranya dengan banyak berdzikir kepada Allah, membaca awrad atau wirid-wirid yang diajarkan Rasulullah Saw dan para ulama. Sehingga qalbu kamu semakin bersih, terasah dan potensinya bisa dioptimalkan.

Qalbu yang terus berdzikir akan mengantar kamu mampu melihat Allah dengan mata hati (Musyahadah) dan tidak kuasai atau dicengkeram oleh hawa nafsu.

Komentar
Loading...