Destinasi Wisata yang Paling Terkenal di Myanmar

YANGON – Hari Ahad 19/5 adalah hari libur, tidak hanya di Indonesia tapi juga hampir di seluruh belahan dunia, termasuk di Myanmar. Dihari libur ini saya manfaatkan waktu untuk jalan-jalan menelusuri ikon Myanmar, sebuah tempat wisata yang menjadi destinasi seluruh turis yang visit ke Kota Yangon.

“Kalo berkunjung ke Myanmar, belum main ke Shwedagon, belum dikatakan ke Myanmar,” begitu kata Pak Cucu seorang Home staff KBRI Yangon yang menjadi Kepala Sekolah Internasional Indonesia Yangon.

Shwedagon adalah sebuah destinasi wisata berupa stupa atau pagoda berwarna emas yang menjulang tinggi terletak di bukit Singuttara Kota Yangon.  Shwedagon merupakan tempat ibadah agama Budha.

Saya dengan ditemani 5 orang WNI sengaja memanfaatkan libur hari Ahad ke tempat tersebut bertujuan sebatas keingin tahuan saja, ternyata Budha yang merupakan agama Mayoritas di Myanmar mempunyai destinasi wisata religi seperti halnya di Indonesia.

Untuk bisa masuk ke area tersebut khusus warga lokal tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis, tapi foreigner harus membeli tiket sebesar 10.000 Kyats atau sekitar Rp. 100.000 per orangnya. Dan ada aturan khusus bagi pengunjung, dimana masuk ke lokasi tersebut harus membuka alas kaki, dan berpakaian sopan juga tidak boleh memakai singlet.

Satu hal yang menjadi catatan saya, ketika anda masuk ke tempat tersebut jangan lupa untuk terus berdzikir kalimat tauhid Laa ilaaha illa Allah.

Oleh: Budy Budiman
(Dai TIDIM JATMAN yang tengah bertugas di Myanmar selama Ramadhan 1440 H)

Komentar
Loading...