Demi Keselamatan dan Persatuan Bangsa PWNU Jatim Gelar Istighotsah Kubro

0

Sidoarjo – Dua hari jelang pelaksanaan Istighotsah Kubro yang akan dilaksanakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. PWNU Jatim menghimbau kepada seluruh jamaah agar memakai baju putih, membawa alas, payung, makanan dan minuman serta tas kresek untuk sampah masing-masing, serta tidak diperkenankan membawa bendera dan atribut apapun selain bendera Indonesia dan Nahdlatul Ulama. Hal tersebut disampaikan melalui akun instagram pwnujatim.

Acara istighotsah yang bertema “Dedikasi Santri Untuk Negeri” dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN). KH. Reza Ahmad Zahid selaku Ketua Panitia menganggap penting untuk hadir dalam acara tersebut, “Oleh karena itu saya mengajak masyarakat Jatim, khususnya nahdliyin untuk mengetuk pintu langit, membuka tabir ijabah doa, meminta kepada Allah, beristighosah bersama untuk keselamatan dan persatuan bangsa,” sebagaimana dalam suarasurabaya.net.

Akan turut hadir dalam istighotsah tersebut Rais Aam PBNU KH. Miftahul Akhyar, Ketum PBNU, KH. Said Aqil Siraj, Mustasyar NU KH. Maimun Zubair, Ketua PWNU Jatim KH. Marzuqi Mustamar serta para kiai ponpes, sepuh alim ulama dan habaib serta seluruh pengurus NU dari berbagai lembaga dan Banom yang ada di bawahnya.

Peringatan HSN yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tersebut, merupakan momentum untuk mengenang jasa perjuangan kiai dan santri melalui Resolusi Jihad 22 Oktober 1945. Dimana Kiai Hasyim Asy’ari menyerukan kepada kiai dan santri untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia walau berkorban nyawa sekalipun.

Pada awalnya acara Istighotsah ini rencananya digelar pada 21 Oktober 2018, namun banyaknya peringatan Hari Santri di berbagai daerah membuat panitia menggesernya sepekan agar jamaah bisa lebih khidmat. Kesimpulan dari masyarakat sekitar adalah wajar jika Hari Santri digelar dimana-mana sebab santri ialah mereka yang berjiwa patriotisme dan cinta tanah air yang dalam Qalbu mereka senantiasa menggemakan kalimat tauhid ‘Laa ilaha illa Allah’. (eep)

Comments
Loading...