Dawam Wudhu Sebagai Gaya Hidup? Begini Manfaat Ajaibnya

Sudah bukan rahasia lagi jika dawam wudhu memiliki banyak manfaat dan faedah buat yang mempraktekkannya. Menjaga wudhu atau dawam wudhu adalah upaya untuk senantiasa menjaga kesucian diri dari hadas kecil. Berwudhu jadi pintu awal untuk memulai berdzikir mengingat Allah Swt hingga jadi syarat sahnya shalat. Ia menjadi salah satu sunah Nabi Saw yang juga jadi kebiasaan Auliya dan Shalihin.

Namun, bagi yang belum terbiasa tentu tidak mudah untuk menjaga wudhu. Karena setiap batal, ia harus kembali berwudhu begitu seterusnya. Meski begitu, gaya hidup menjaga wudhu ini perlu dilatih dalam keseharian kamu. Mulai dari pagi hari, saat menjalankan aktivitas harian, hingga menjelang tidur.

Jika pun seandainya tidak sepenuhnya full seharian menjaga wudhu, minimal kamu sudah mulai lebih banyak menghabiskan waktu dalam keadaan suci atau dalam keadaan punya wudhu.

Berikut manfaat ajaib dari menjaga wudhu (dawamul wudhu’) :

Meluaskan rezeki dan pintu kebaikan

Menjaga kesucian diri dengan berwudhu adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri pada Allah Swt yang Maha Memberi Rezeki. Jika kamu bisa menjaga wudhu maka itu akan meluaskan rezeki dan membuka pintu kebaikan yang lebih luas. Mulai dari kenaikan derajat hingga mendapatkan surga. Berdasarkan hasil penelitian berwudhu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Menjaga diri dari maksiat dan berakhlak

Dalam keadaan wudhu, kamu bisa lebih menahan diri dari perbuatan maksiat. Kamu lebih punya kendali diri yang lebih kuat untuk tampil berakhlak baik serta meninggalkan hal-hal yang merugikan. Bahkan, kamu lebih senang dengan hal-hal yang positif.

Dicintai malaikat dan Allah Swt

Setiap orang diikuti oleh malaikat penjaga (hafadzah). Baik itu siang maupun malam. Jika kamu menjaga wudhu maka malaikat penjaga itu akan mencintai kamu. Bukan hanya itu, Allah juga mencintai hamba-Nya yang bertobat dan menyucikan diri.

Terlindung dari musibah dan penyakit

Menjaga wudhu juga membuat kamu terlindung dari musibah yang tidak diinginkan. Sekaligus bisa melindungi diri dari penyakit, seperti penyakit ain dan sihir. Setan tak jarang bisa menyebabkan kamu sakit, baik itu secara langsung ataupun tidak. Dengan senantiasa menjaga wudhu, setan akan enggan mendekatimu.

Mendapat kecemerlangan ilmu

Ilmu adalah cahaya. Ilmu tidak akan hadir pada mereka yang bermaksiat pada Allah Swt. Jika kamu menjaga wudhu, maka Allah akan memberikan kecemerlangan dan futuh pada kamu saat belajar dan mengajar disebabkan menjaga kesucian. Imam Bukhari tidak menyentuh kitab kecuali dalam keadaan berwudhu.

Menggugurkan dosa-dosa

Seorang yang berwudhu akan gugur dosa-dosanya sebagaimana diterangkan dalam hadis riwayat Muslim. Dosa-dosa itu dikatakan keluar berbarengan dengan tetesan air wudhu pada bagian yang dibasuh seperti muka, tangan dan kaki.

Akan bercahaya pada hari kiamat

Nabi bersabda, “Sesungguhnya umatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan mereka keluar cahaya dari anggota-anggota wudhu mereka karena bekas wudhu mereka. Barangsiapa di antara kalian yang mampu memanjangkan cahayanya, maka lakukanlah.” (H.R. Bukhari).

Baca Lainnya
Komentar
Loading...