Cara Mudah Kenali Kekurangan Diri

Mengenali kekurangan diri bukan hal yang mudah dilakukan loh. Itulah mengapa tidak banyak orang yang mau menggali apa yang menjadi kekurangan dirinya. Padahal menurut Buya Hamka, ciri orang yang berakal ialah orang yang mengetahui kekurangan dirinya kemudian memperbaikinya.

Muhasabah diri atau melakukan penghitungan terhadap diri amat dianjurkan dalam Islam. Selain itu mengecek diri dan melakukan introspeksi sangat banyak manfaatnya. Diantaranya kamu bisa step by step memperbaiki kualitas hidup dan bisa lebih bermanfaat bagi sesama. Tentu amat sulit memperbaiki diri menjadi lebih baik jika tak tahu apa yang mesti diperbaiki.

Lalu bagaimana caranya? Berikut tips cara mudah mengenali kekurangan diri

1. Melalui guru yang arif

Temukanlah guru yang memiliki wawasan yang luas seputar jiwa dan mampu mengenali cacatnya seseorang. Dia bisa melihat kekurangan yang tidak mampu kamu lihat karena ketajaman mata hatinya.

Dalam tarekat guru ini disebut Mursyid. Seorang murid yang memiliki Mursyid akan ditunjukkan, dibimbing serta dilatih untuk membersihkan qalbu tempat bersemayamnya kotoran dan penyakit. Seorang Mursyid akan memberikan treatment untuk menghilangkan noda yang menjadi kekurangan dirinya itu.

2. Melalui sahabat yang jujur

Sahabat yang jujur akan mengatakan apa adanya tentang diri kamu. Dia tidak selalu membenarkanmu, tetapi dia akan mengatakan sesuai kenyataan. Jika benar katakan benar dan jika salah katakan salah.

Foto: Jaime Reimer.

Sahabat seperti ini perlu dipelihara, kamu bisa minta masukan dan feedback tentang diri kamu. Minta dia untuk gali apa kekurangan yang mesti diperbaiki. Sahabat ini mesti berwawasan luas dan beragama dengan baik. Sehingga masukannya sesuai dengan prinsip nilai-nilai agama.

3. Melalui pasangan hidup

Pasangan hidup atau suami istri biasanya sudah saling mengenal satu sama lain secara luar dalam. Menanyakan dan berdialog tentang apa kekurangan diri pada pasangan bisa jadi opsi yang menarik.

Namun, setiap pasangan harus menilai secara objektif apa kekurangan yang mesti diperbaiki dari setiap pasangannya masing-masing. Cara ini juga bisa membuat lebih baik kualitas hubungan dan memelihara keharmonisan rumah tangga.

4. Melalui musuh yang jujur

Orang yang membencimu atau menganggapmu sebagai musuh biasanya mudah sekali untuk mencari-cari kesalahan yang kamu perbuat dan apa saja yang menjadi cacat dan kekuranganmu.

Pandangan orang yang memusuhimu ini bisa kamu manfaatkan sebagai hal yang berfaedah. Yakni dengan ikhlas menerima pandangannya mengenai dirimu dan gunakan pendapatnya untuk memperbaiki dirimu. Jadi gak usah gampang baper!

5. Melalui pengalaman orang lain

Tak melulu belajar itu dari kesalahan yang kamu perbuat sendiri. Kamu juga bisa ambil pelajaran dari orang yang melakukan kesalahan. Petik apa saja yang mesti kamu hindari agar tidak terjerembab ke dalam lubang yang sama.

Foto: Bruce Mars .

Cara ini bisa menghemat umur kamu, karena kamu tak perlu mengalaminya. Adanya kesalahan pada orang lain dijadikan cerminan bukan untuk dihakimi tapi jadikan hikmah agar jadi manusia yang lebih baik lagi.

6. Bersikap rendah hati

Untuk bisa mengetahui kekurangan diri, kamu mesti rendah hati. Jangan sekalipun membanggakan sesuatu yang dianggap sebagai kelebihan kamu. Jangan merasa sudah sempurna dan tidak memiliki kekurangan.

Sikap rendah hati akan menyingkirkan rasa enggan dikritik dan merasa benar sendiri. Kamu jadi ikhlas untuk menerima masukan dan membenahi apa yang selama ini salah namun kamu anggap benar. Bukankah hikmah bisa hadir kapan saja dan darimana saja?

Baca Lainnya
Komentar
Loading...