Cara Menghemat Kuota Internet

Salah satu kebutuhan zaman now adalah kuota internet. Hampir bisa dipastikan, hidup zaman sekarang saling terhubung secara online. Baik untuk berkomunikasi, bekerja maupun untuk memperoleh informasi. Kuota internet bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan pokok.

Namun problemnya ialah terbatasnya kuota internet. Karena terlalu asiknya berselancar di dunia maya sampai-sampai kamu lupa kalau kuota internetmu itu terbatas. Akibatnya kuota kamu jadi cepat habis. Padahal dengan menghemat kuota internet, kamu bisa menghemat pengeluaran.

Menghemat bukan sekedar irit, tapi lebih berpikir bagaimana memaksimalkan kuota sebaik-baiknya. Berikut tips yang bisa kamu pakai untuk menghemat kuota internet.

1. Un-Install aplikasi yang tidak terpakai

Kamu perlu melihat mana aplikasi yang jarang atau memang tidak lagi dibutuhkan. Dengan begitu, kamu hanya meng-install aplikasi yang memang benar-benar kamu butuhkan dan memudahkan tugas sehari-hari. Kamu juga bisa menyortir aplikasi apa yang memang banyak menyedot kuota.

Foto: techboomers.
2. Hanya update aplikasi jika terhubung wifi

Aplikasi sering kali membutuhkan update. Untuk menghemat kuota, kamu bisa mengaturnya hanya meng -update saat terhubung dengan wifi. Melalui play store – setelan – update aplikasi secara otomatis.

3. Non-aktifkan notifikasi, data latar belakang dan auto download

Notifikasi ini biasa muncul dari aplikasi yang terinstall di smartphone kamu. Semakin banyak notifikasi yang masuk, berarti semakin banyak data tersedot. Notifikasi ini biasa muncul dari media sosial. Melalui setelan – aplikasi – non-aktifkan notifikasi. Sedangkan untuk menon-aktifkan latar belakang melalui setelan – aplikasi – penggunaan data – non-aktifkan data latar belakang. Untuk menon-aktifkan auto download misalnya WhatsApp. Kamu bisa pilih setelan – data penyimpanan – unduh otomatis media.

4. Hindari grup sosial media yang tidak berfaedah

Terhubung dengan banyak grup di media sosial itu baik. Namun, tak jarang justru ada saja grup dalam media sosial yang menyita waktu. Memiliki kemampuan mengabaikan lingkungan yang tidak bermanfaat bisa dicoba juga untuk menghemat kuota internet.

Foto: hotspotmagazine.com.

Jadikan pertemanan di medsos selain ajang berbagi dan menyambung silaturahmi. Juga ruang ekspresi dan berkolaborasi menebar manfaat.

5. Hanya follow medsos dan buka website yang menumbuhkan diri

Medsos sudah menjadi platform yang paling banyak di akses oleh pengguna internet. Oleh karenanya, pilihlah akun-akun medsos yang memang menumbuhkan diri kamu secara positif. Dengan begitu kuota internet kamu akan habis untuk sesuatu yang bermanfaat bukan sebaliknya. Karena dalam dunia maya, kamu harus jeli dan teliti dalam memilih konten dan situs-situs. Jangan sampai justru tergiring dalam arus informasi yang hoax, terlebih merugikanmu.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...