Butuh Tiga Tahun, Utusan Habib Luthfi Menemukan Makam Waliyullah Ini di Kaltim

0

KUTAI TIMUR – Di sebuah pulau yang berada di Desa Maloy yaitu Pulau Senumpak terdapat Makam Al Habib Husein bin Hasyim bin Hasan bin Thoha bin Yahya. Makam tersebut ditemukan setelah pencarian panjang. Abah Ghozali asal Samarinda berkelana ke seluruh penjuru Kalimantan Timur untuk mencari keberadaan makam waliyullah tersebut. Butuh waktu tiga tahun lamanya utusan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya tersebut untuk bisa menemukan makam ini.

Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa tokoh agama, ulama dan cendekiawan dalam menyebarkan ajaran agama Islam di wilayah Kabupaten Kutai Timur, Bupati Kutai Timur, Ir. H. Ismunandar, M.T. meresmikan Makam Al Habib Husein bin Hasyim bin Hasan bin Thoha bin Yahya
tersebut.

Habib Aqil mengatakan bahwa shahibul maqam yakni Habib Husein bin Hasyim bin Yahya diutus dari Hadramaut ke Kalimantan untuk menyampaikan amanah keilmuan dengan batas waktu 100 hari. Amanah keilmuan itu salah satunya juga disampaikan kepada kakek beliau, Habib Umar bin Yahya yang makamnya berada di kompleks Makam tersebut.

Foto: kutaitimurkab.go.id

Sedangkan, KH Luthfi dari Karangasem Langitan dalam mauidzah hasanahnya menyampaikan bahwa setiap mengunjungi makam Auliya hendaknya berdoa. Dengan begitu, diharapkan peziarah bisa mendapatkan keberkahan wali yang diziarahinya.

“Bagi orang seperti kita yang tingkat spiritualitasnya masih rendah maka ketika kita menziarahi makam para Auliya’. Kita hendaknya berdo’a, “Ya Allah berikanlah kami berkah rizki sebagaimana engkau memberikan berkah pada wali-Mu ini ya Allah,” tutur Kiai Luthfi.

Hadir pengurus JATMAN Kalimantan Timur, Sekjen MATAN, Abdul Rosyid, Anggota DPRD Kutai Timur, Encek UR Firgasih, SH, MAP, Gus Fahmi tokoh asal Lamongan, Kapolres Kutai Timur, AKBP Teddy Ristiawan, perwakilan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), serta sekitar lima ratus orang dari berbagai daerah. (eep/habibi)

Comments
Loading...