Bupati Tuban Beri Sambutan pada Haul Sunan Bonang ke-510

0

TUBAN – Bupati Tuban, Fathul Huda menghadiri sekaligus memberi sambutan dalam acara Tahlil Akbar Haul Sunan Bonang 510 tahun 1441 H atau bertepatan dengan 5 September 2019 di Makam Sunan yang bernama Raden Maulana Makdum Ibrahim.

“Alhamdulillah pagi hari ini kita semua bisa bersama sama akan tawassul dan tahlil Akbar di maqbarah Mbah Makhdum Ibrahim,” ucap Bupati yang menjabat sejak 2011 tersebut.

Ia juga menyebut bahwa Maulana Syaikh Makhdum Ibrahim termasuk Sulthanul Auliya di tanah Jawa. Hal tersebut diakuinya berdasarkan bacaan dan ucapan dari tokoh yang dikenal al ‘arif Billah.

Selain itu, tawassul diperintahkan baik dalam Al Qur’an maupun hadis. Melalui Tawassul kepada ahli kubur yang auliya, kesulitan insyaAllah bisa teratasi.

“Beliau menyaksikan kehadiran kita semua, itu sebabnya kita harus tetap menghormati para wali baik masih hidup maupun ketika sudah wafat. Baik menghormati secara penampilan fisik maupun dalam hati. Jika memungkinkan diantara adabnya adalah tetap dalam berwudhu,” tambah Bupati Tuban tersebut.

Ia juga menyebut bahwa kontribusi wali masih sangat besar. Contohnya acara haul di Tuban setiap tahun mampu menyedot wisatawan sekitar 8 juta orang yang 90 persennya mengunjungi makam Syaikh Makhdum Ibrahim.

“Kita berwashilah dengan Syaikh Makhdum Ibrahim. Mudah mudahan kita semua diberi kekuatan iman oleh Allah swt. Dengan kekuatan tersebut semoga kita bisa melanjutkan perjuangannya Mbah Maulana Makhdum Ibrahim serta Ahlussunah wal Jama’ah ala thariqati ulama jam’iyyati Nahdlayil Ulama,” pungkas putra kelahiran Tuban tersebut.

Bupati Tuban juga berterima kasih kepada panitia dan seluruh pihak atas terselenggaranya tahlil dan haul Akbar tersebut.

Usai sambutan acara dilanjutkan dengan mauidzah Hasanah dari Alhabib Musthofa Umar Al Idrus dari Surabaya. Kemudian, jamaah yang hadir dengan khusyuk mengikuti Pembacaan Surah Yasin, Tahlil dan doa disusul dengan Tawassul bersama para habaib yang dipimpin oleh Habib Najib bin Hasan Al Haddad dari Ampel Surabaya.

Hadir habaib, KH. Kholilurrahman Rais Syuriah PCNU Tuban, Jajaran pengurus Nahdlatul Ulama, Pengadilan Negeri Tuban, DPRD, Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Yayasan Sunan Bonang. (eep)

Comments
Loading...