Bupati Klaten Buka Acara Manaqib Kubra, Istighatsah, Bahtsul Masail dan Pengajian Akbar JATMAN se-Jawa Tengah & DI Yogyakarta

0

KLATEN – Bupati Klaten Ibu Sri Mulyani membuka secara resmi acara Manaqib Kubra, Istighatsah, Bahtsul Masail dan Pengajian Akbar JATMAN se-Jawa Tengah & DI Yogyakarta pada Sabtu pagi (20/7). Acara yang diadakan di Gedung Candra Kirana, Desa Krajan, Jatinom, Klaten dihadiri sekitar 1700 orang. Perkabupaten/kota ada 30 peserta dari 40 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah ditambah 500 panitia lokal.

Manaqib yang rutin digelar setiap 6 bulan ini diawali dengan pembukaan, lalu Iftitah oleh KH. Zaenal Arifin. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh KH. Yaqut Al Arsy dari Idarah Syu’biyyah JATMAN Klaten dan pembacaan shalawat thariqiyah oleh KH. Muntaha dari Idarah Syu’biyyah JATMAN temanggung. Selanjutnya secara bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya diteruskan Syubbanul Wathan yang dipimpin oleh Tim Satkorcab Banser Kab. Klaten.

Ada empat manaqib yang dibaca diantaranya: Manaqib Qadiriyyah oleh KH. Asyhuri dari Magelang, Manaqib Syadziliyah oleh KH. Ustukhri dari Sarang, Manaqib Syathariyah oleh KH. Ubaidillah Masrukhan dari Pemalang dan Manaqib Naqsyabandiyah Khalidiyah oleh KH. Najib dari Rembang.

Sedangkan Istighatsah dipimpin oleh romo KH. Zainul Arifin Maksum Demak, KH. Bandanuji Temanggung, KH. Yasin Demak, KH. Nur Idris Kendal, KH. Ahmad Dimyati Klaten dan KH. Ustukhri Sarang.

Dalam sambutannya, KH. Said Lafif Hakim mengucapkan terima kasih kepada JATMAN Idarah Syu’biyyah Klaten dan Bupati Klaten.

“Adanya kegiatan Istighatsah maupun Manaqib Kubra merupakan program Idarah Wustha Jawa Tengah yang sudah berlangsung sejak lama,” ucap Mudir Idarah Wustha Jawa Tengah tersebut.

Sebelum ditutup doa, KH. Dzikron Abdillah selaku Rais Idarah Wustha Jawa Tengah memberikan mauidzah hasanah. Sebagai informasi bahwa Manaqib Kubra selanjutnya akan diadakan di Kendal pada 7 Desember 2019. (eep)

Comments
Loading...