Connect with us

Nasional

Biografi Singkat Almarhum KH. Drs Muhammad Masroni

Beliau lahir di kabupaten Demak Pada tahun 1962, Almarhum KH. Muhammad Masroni merupakan sosok yang sangat tekun & mempunyai totalitas yang sangat tinggi dalam berkhidmah di Organisasi Banom Nahdlatul Ulama’, khususnya di Jam’iyyah Thoriqoh (JATMAN) disela kesibukannya sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy yang beralamat di Kampung Malon Rt 001/006 Kelurahan Gunungpati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Published

on

Pesantren ini dirintis oleh beliau Almarhum KH. Muhammad Masroni mulai tahun 2008 atas dawuh Beliau Maulana Al Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya Pekalongan pada saat masih menetap di Pesantren Nurul Qur’an Purwosari Sayung Demak, Pesantren yang didirikan beliau ini memiliki ciri khas penekanan dalam pembelajaran Alqur’an dan ilmu tasawuf dengan mengikuti Thariqah Syadziliyyah.

Selain sebagai tokoh agama Almarhum juga sosok yang ahli dibidang strategi, management, ekonomi khususnya bidang pertanian & peternakan. Selama tahun 2010 sampai dengan 2020 Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan capaian luar biasa. Beliau mendirikan lembaga pendidikan SMP & SMK yang memiliki spesifikasi khusus dibidang pertanian & peternakan, dengan program unggulan tahfidz Al-Qur’an.

Selain itu, Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy dalam membantu Ketahanan Nasional mendirikan lembaga Bank Wakaf mikro & RBL(Rejaning Bumi Leluhur) sebagai bentuk kecintaan Beliau kepada Bangsa & Negara Indonesia dengan menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy juga memiliki cabang untuk memperluas dakwah Ahlussunah Wal Jamaah & Thariqah Syadziliyyah diantaranya di Daerah Sragen, Klaten, Wonogiri, Solo, Sukoharjo, Demak, Bekasi, Boyolali dan Semarang.

Semasa hidup, Almarhum sangat istiqamah dalam berziarah & khataman Al Quran dimakam Para Auliya khususnya setiap Hari Selasa siang dimakam Al Habib Hasan bin Thoha Semarang. Sejak remaja beliau aktif di berbagai bidang dan menempa diri dilingkungan badan otonom NU yakni di IPNU & GP ANSHOR, NU.

Semangat berkhidmahnya semakin kuat saat almarhum berguru & berthariqah sejak tahun 1986 bersama H Slamet Purwono Jakarta dan H. Mursidi Solo kepada Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya hingga beliau Almarhum di angkat menjadi Badal di Thoriqoh Syadziliyah dan mendapat berbagai sanad diantaranya al qur’an, manaqib, dalailul khairot, rotibul kubro

Sebelum di Jam’iyyah Thoriqoh (JATMAN) almarhum selalu aktif mendampingi Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dalam mengembangkan program kependidikan dan berbagai acara yang ada di bawah naungan Kanzus Sholawat Pekalongan. Ketika Habib Luthfi bin Yahya menjadi Ro’is Am JATMAN mulai tahun 2000, beliau aktif membantu Guru selaku murid dengan menjabat sebagai Katib, kemudian Sekjend (Sekretaris Jenderal) hingga akhir hayat beliau menjabat sebagai Katib Majelis Ifta’ Idaroh Aliyah Jatman.

Sumber: FB Muhammad Toriq Husein

Berita

Kerjasama KKP, Bupati Jepara dan Koperasi Konsumen UREKA

Published

on

Koperasi Konsumen UREKA

Jepara, JATMAN.OR.ID: Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan induk lele mutiara kepada beberapa pesantren di Jepara. Bantuan ini diserahkan oleh Kepala Balai Perikanan Sukamandi Dr. Johnny Hariyadi, Sabtu, 3/4 yang lalu.

Diharapkan dengan penyerahan induk lele mutiara ini dapat menjadi cikal bakal pengembangan budi daya lele mutiara di Jepara.

Ini merupakan langkah maju setapak dimana biasanya yang diserahkan adalah bibit lele untuk dibesarkan, namun pada saat ini telah diserahkan induk lelenya agar dapat bertelur dan dikembangbiakkan.

Pada acara tersebut telah hadir Watimpres Habib Muhammad Luthfi yang diwakili oleh Sekretaris Watimpres Bapak Hasbullah Ahmad, Dirjen Budidaya Kelautan dan Perikanan (KKP), Staf Ahli Menteri Koperasi, Bupati Jepara, Ketua Koperasi Konsumen UREKA dan Kepala Balai Jepara.

Pada acara yang sama telah dilakukan panen udang Vaname dan ikan Bandeng.[]

Continue Reading

Berita

Rois ‘Am JATMAN/Anggota Wantimpres RI Menerima 2 Rektor serta Bupati & Wakil Bupati Terpilih Pemalang

Published

on

Rois 'Am

Pekalongan, JATMAN.OR.ID: Rois ‘Am Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN) Maulana Dr. Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya menerima kunjungan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) di kediaman beliau, Jumat pagi (5/2) kemarin.

Maulana yang juga menjabat sebagai Anggota Wantimpres RI menjelaskan tentang Islam rahmatan lil ‘alamin dengan analogi penyaluran tenaga listrik. “Semua warga dapat menikmati manfaat tenaga listrik untuk penerangan maupun untuk yang lain tanpa memandang suku ataupun agamanya,” terang Maulana.

“Dalam pemanfatan tenaga listrik tergatung kebutuhan masing-masing tanpa pernah mempersalahkan siapa yang menggunakan,” tambah Habib. “Misalnya listrik masuk ke gereja maka tidak (perlu) dipermasalahkan, sama halnya seperti listrik masuk ke mesjid,” lanjut beliau.

Rois 'Am

Dalam pertemuan ini dibahas rencana penyelenggaraan event besar bertaraf internasional di beberapa negara yang dilakukan secara daring. Event ini akan menampilkan wajah Indonesia yang rahmatan lil ‘alamin serta budaya Indonesia yang bernuansa reliji di samping penyelenggaraan istighotsah kubro untuk mendoakan keselamatan Bangsa dan Negara. Event ini akan digelar bersamaan dengan peringatan Dies Natalis ke-56 Universitas Negeri Semarang (UNNES) mendatang. “Insya Allah dua negara, Maroko dan Mesir sudah siap mendukung terlaksananya acara ini,” papar Sekretaris Wantimpres Hasbullah Achmad.

Dalam kesempatan yang sama, Maulana juga menerima sowan Bupati & Wakil Bupati terpilih Pemalang, Mukti Agung Wibowo dan Mansur Hidayat dalam rangka rahmah tamah terkait pengembangan pertanian di Jawa Tengah dan secara khusus di Kabupaten Pemalang.[Aman]

Continue Reading

Berita

Idaroh Aliyah Galang Bantuan untuk Korban Bencana Alam

Published

on

Galang Bantuan

Pekalongan, JATMAN.OR.ID: Idaroh Aliyah Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN) menggalang bantuan untuk korban bencana alam Kalimantan Selatan. Dalam surat himbauan bertanggal 16 Januari 2021, Idaroh Aliyah menghimbau kepada pengurus tingkat Wustho, Syu’biyah dan para dermawan seluruh Indonesia untuk mengumpulkan bantuan baik berupa uang tunai, sembako, selimut dan pakaian layak pakai.

Ini adalah penggalangan bantuan tahap II setelah bantuan yang pertama dikirim 17/01 lalu. Bantuan tahap I dikirim sebanyak 4 ton beras.

Bantuan dalam bentuk uang tunai dapat ditransfer ke rekening JATMAN, BANK BPD JAWA TENGAH CABANG SYARIAH PEKALONGAN, dengan Nomor Rekening: 5053017615.

Galang Bantuan

Adapun bantuan dalam bentuk barang dapat dikumpulkan di masing-masing Idaroh Wustho, selanjutnya teknis pengirimannya akan dikoordinir oleh Idaroh Aliyyah sesuai skema pengaturan yang ada.

  • 16-21 Januari 2021: Distribusi surat permohonan dari Idaroh Aliyyah.
  • 21-23 Januari 2021: Koordinasi Idaroh Wustho dan Syubiyah.
  • 16-29 Januari 2021: Masa penggalian, penggalangan dana, dan penerimaan bantuan Wustho dan Syubiyah.
  • 25-31 Januari 2021: Koordinasi teknis pengiriman oleh Idaroh Syubiyah dan Wustho ke Idaroh Aliyyah.
  • 1-7 Pebruari 2021: Koordinasi teknis pengiriman, penerimaan dan pendistribusian oleh Jatman di daerah yang terkena bencana.
  • 5-9 Pebruari 2021: Laporan dari Idaroh yang menjadi sasaran bantuan.
  • 10-15 Pebruari 2021: Laporan Pertanggungjawaban Akhir Bantuan bencana tahun 2021 oleh Idaroh Aliyyah

Partisipasi segenap Idaroh Syu’biyah, Idaroh Wustho dan para Dermawan sangat dinanti oleh saudara-saudara kita di daerah yang terkena bencana.[Af]

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending