Biasa Kawal Zikir, Banser dan Denwatser Ikuti Talqin Zikir

0

KALIBENING – Dalam gelaran acara khas Nahdlatul Ulama, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) kerap kali hadir membantu kelancaran jalannya event. Namun, Ahad (17/2) ada yang berbeda, di bawah guyuran hujan Banser nampak mengikuti proses talqin zikir tarekat yang disampaikan Mudir Aam JATMAN, KH. Wahfiudin Sakam.

Kasat Rayon Kalibening menuturkan bahwa yang hadir pada Istighatsah Kubra di Terminal Kalibening bukan hanya Banser namun juga Denwatser atau Detasemen Wanita Banser. “Satu kecamatan Kalibening ini jumlah Denwatser mencapai 200 orang,” ucap Rusnanto AS.

Sebagian Denwatser. (Foto: Hendra)

Sebagai informasi, Detwatser dan Banser saling mendukung dan melengkapi untuk menjadi bagian penting benteng ulama dan NKRI dibawah garis komando GP Ansor. Denwatser bermula sejak tahun 1960-an, dahulu bernama Barisan Perempuan NU Militer.

Untuk menjadi Denwatser, perlu mengikuti Diklatsar dengan materi pokok; pendidikan Ahlussunnah Wal Jama’ah Annahdliyah, ke-NU-an, kefatayatan, kemuslimatan dan keansoran, Denwatseran dan materi bela negara serta wawasan kebangsaan.

Banser khusyuk mengikuti talqin dzikir. (Foto: Alim)

Banser nampak berbagi tugas, mulai dari pengawalan Rombongan Mudir Aam JATMAN dengan sepeda motor, pengaturan lalulintas, mobilitas jamaah, serta keamanan dan ketertiban hingga antar jemput. GP Ansor dan Banser serta Denwatser bahu-membahu memastikan acara yang dihadiri ribuan jamaah ini berjalan dengan lancar; aman dan nyaman. (eep)

Comments
Loading...