Bersama Ulama dari Berbagai Negara Ziarah ke Makam Imam Bukhari

0

Samarkand – Ahad, 3 Rabiul Awwal 1440 bertepatan dengan 11 November 2018, KH Anang Rikza Masyhadi bersama ulama dari berbagai negara ziarahi makam Imam Bukhari di Samarkand, Uzbekistan. “Kami mendapat keberkahan Allah Swt dengan mengunjungi makam ahli hadits termasyhur,” ujar Lajnah Muwashalah dan Luar Negeri Idarah Aliyah JATMAN tersebut.

Bersama sang adik Kiai Anizar Masyhadi dan Teguh Suhardi dari Pondok Modern Tazakka serta rombongan ulama. Ulama tersebut berasal dari berbagai negara, seperti Malaysia, Pakistan, India, Bangladesh, Amerika, Perancis, Belgia, Luxemberg, Jerman, Inggris, Suriah, Mesir, Australia dan lain-lain.

Ziarah tersebut selain untuk tabarrukan dengan ulama dan imam besar dalam hadits, juga sebagai bentuk napak tilas perjuangan Imam Bukhari, sebagaimana diketahui beliau memiliki pencapaian yang tak ternilai harganya, yaitu mengompilasi hadits-hadits nabi hingga memiliki tingkat keontetikan dan orisinalitas kedua setelah al Qur’an.

“Umat Islam berhutang budi pada Imam Bukhari, beliau-lah yang menjadikan Hadits dan Sunnah Rasul sampai kepada kita hari ini; baik apa yang diucapkan, dilakukan maupun diputuskan oleh Rasul Saw. Maka, jasanya bagi umat Islam sepanjang masa sungguh sangat fundamental,” pimpinan pondok Tazakka menerangkan.

“Semoga kita semua dan generasi penerus Islam dapat meneladani sosok Imam Bukhari, baik secara akhlak maupun keilmuan serta kontribusinya kepada Islam dan muslimin.” Kiai Anang Rikza berharap. (Eep)

Comments
Loading...