Bendung Intoleransi dan Radikalisme, CISForm Gelar Diseminasi Hasil Penelitian Sistem Produksi Guru Agama Islam

0

JAKARTA – Center For The Study Of Islam and Social Transformation (CISForm) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar Diseminasi Hasil Penelitian dengan tema “Menanam Benih Di Ladang Tandus; Potret Sistem Produksi Guru Agama Islam Di Indonesia”. CISForm menyimpulkan bahwa sistem produksi guru agama Islam di Indonesia tidak memiliki kemampuan sistemik dalam membendung arus intoleransi dan radikalisme.

Acara yang juga digagas bersama Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut diadakan di Hotel Aryaduta, Jalan Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis (10/1).

Hasil penelitian dipresentasikan usia makan siang bersama (networking lunch), setelah sebelumnya pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang disusul dengan sambutan.

Dr. Saiful Umam, Direktur PPIM UIN Syarif Hidayatullah dalam sambutannya mengatakan, “Melalui hasil penelitian ini, kami mengajak elemen yang luas terutama pemerintah yang punya otoritas dan kebijakan untuk menghasilkan generasi yang toleran dan menjaga keragaman dan kebhinekaan Indonesia.”

Sebagai narasumber, hadir Dr. Muhammad Wildan, MA, Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd, Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag, Dr. Abdur Rozaki, M.Si, Dr. Ahmad Muttaqin, MA.

Sedangkan sebagai pembahas hasil penelitian ialah Dr. Zainal Abidin Bagir dan Bapak Suwendi mewakili Prof. Dr. Arskal Salim GP selaku Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam. Dr. Fatimah Husein, MA. sebagai moderator.

Hadir pula tim peneliti CISForm, PTKIN, LPTK, CSO, PMU, instansi pemerintah dan kedutaan, Asosiasi Keilmuan PAI, Kemenag Pusat, insan media cetak dan online. Saat ini acara masih berlangsung. (eep)

Comments
Loading...