Bekali Kader, PC MATAN Pinrang Gelar Ngofi (Ngobrol Sufi)

PINRANG – Dalam rangka melestarikan amaliyah thariqah dan membekali kader, PC MATAN Pinrang mengisi akhir pekan bulan Muharram dengan menggelar acara Ngofi (Ngobrol Sufi) pada Selasa (17/9) di Lapas Rutan Lama, Kab. Pinrang.

Ngofi yang diadakan bersama Syaikh Muh. Rusmin Al Fajr merupakan kegiatan obrolan ringan seputar tasawuf dan tarekat. Ngofi diadakan di berbagai daerah di Sulawesi, diantaranya oleh PC MATAN Luwu Utara dan PC MATAN Parepare. Ngofi juga digelar di Ponpes Haqqul Yaqin Enrekang dan Majelis Dzikir Fathiyyah Haqqani, Sidrap.

“Kegiatan Ngofi merupakan rangkaian kegiatan dalam tur Syekh Muh. Rusmin al Fajr ke berbagai daerah,” ujar Hardianto, Ketua PC MATAN Pinrang kepada JATMAN Online.

Ngofi ini penting bagi para kader MATAN, kata Hardianto. Melalui kegiatan ini para kader bisa menggali lebih dalam tentang thariqah dan mendapatkan motivasi serta semangat baru untuk mengamalkan wirid yang diijazahkan seorang Syaikh.

Sementara itu, Ketua JATMAN Pinrang, Alamsyah Sya’ban Miru menegaskan bahwa kader MATAN harus memiliki bekal pengetahuan tentang tarekat untuk menyosialisasikannya kepada masyarakat.

“Kader MATAN perlu memiliki bekal pengetahuan seputar tarekat dan perkembangannya. Bagaimana bisa munculnya beragam macam tarekat dan lain sebagainya,” ucapnya.

Namun, Alamsyah mengingatkan bahwa bekal pengetahuan itu dalam rangka memudahkan masyarakat dalam memahami tarekat sehingga tidak terjadi kesalahpahaman menyangkut tarekat dan sufi. (eep)

Komentar
Loading...