Bedanya Tawassul dengan Nabi dan Tawassul dengan Amal

Syekh Yusri Rusydi Jabr Al Hasani mengatakan dalam salah satu khutbahnya. Bahwa cinta kepada Nabimu adalah agamamu. Cinta kepada Nabi merupakan ruh agama Islam. Sebab kata beliau, tanpa cinta kepada Nabi, maka agama Islam ini ibarat mayat yang tidak ada ruhnya.

Allah Swt menjadikan cinta sebagai hubungan kita dengan-Nya, hubungan kita dengan Nabi-Nya, dan hubungan kita dengan saudara semuslim.

Rasul Saw bersabda,

أَحِبُّوا اللَّهَ لِمَا يغذوكُمْ مِنْ نِعَمِهِ، وَأَحِبُّونِي بِحُبِّ اللَّهِ، وَأَحِبُّوا أَهْلَ بَيْتِي بِحُبِّي

Cintailah Allah sebab nikmat-Nya yang dikaruniakan kepadamu, dan cintailah aku sebab cinta kepada Allah, dan cintailah ahli baitku sebab cinta kepadaku. (HR. Tirmidzi)

Beliau Saw juga bersabda,

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Tidak sempurna iman salah seorang darimu, hingga mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri. (HR. Bukhari).

Dengan demikian, kata cinta banyak sekali digunakan di dalam syariat Islam yang mulia ini. Sehingga cinta yang tempatnya di qalbu itu menjadi ibadah tatkala kita menyembah dan mengabdi pada-Nya.

Bahkan, Murid dari Syekh Abdullah bin Muhammad Shiddiq Al Ghumari tersebut mengatakan bahwa kepercayaan kita kepada Allah itu karena sebab cinta kepada Nabi itu lebih banyak pengaruhnya daripada kepercayaan kita melalui amal kita sendiri.

Bedanya Tawassul dengan Nabi dan Tawassul dengan Amal

“Jika engkau hendak bertawassul (membuat perantara) dengan amal yang paling kamu cintai, maka bertawassul lah dengan cinta kamu kepada Nabi,” kata Mursyid Tarekat yang juga Dokter Bedah tersebut.

Sebab, kata Syekh Yusri, cinta kepada Nabi itu tidak bisa dirusak oleh setan. Sedangkan amalanmu itu bisa saja setan merusaknya. Yakni dengan cara menjadikan di dalamnya ada bagian dari riya’, ujub, atau mengandalkan amal semata dan lain sebagainya.

Maka amal-amal qalbu yang dilakukan oleh qalbu akan bermanfaat untukmu, bukan merugikanmu. Sedangkan amal fisik lahiriah yang menjadi andalannya sebagian orang yang tidak mengerti malah bisa merugikan dan tidak berfaedah sama sekali karena tidak ada cinta di dalamnya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...