Bangun Religiusitas Masyarakat, MATAN Kab. Maros Gelar Pra Suluk

MATAN Kab. Maros Gelar Pra Suluk MATAN. Tema yang diusung ialah “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Maros yang Religius Melalui Tharekatullah”.

Acara dirangkai dengan “Dzikir dan Doa Bersama untuk Korban Covid dan Bencana Alam di indonesia”.

Keduanya terlaksana pada hari Kamis, 23 Juli 2020 yang bertepatan dengan 02 Dzulhijjah 1441 H. Acara bertempat di Di Pondok Pesantren As Sa’adah Jalan Bambu Runcing Kab. Maros.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama yang apik. Yakni antara panitia pelaksana, pengurus PC. MATAN Maros dan restu dari Ketua PW MATAN Sulsel. Terutama juga oleh kesiapan Pondok Pesantren As-Sa’adah yang telah memfasilitasi acara tersebut.

Ketua panitia, Muzakkir, S. Sos. I., MM melaporkan bahwa ada 140 peserta yang menghadiri acara Pra Suluk MATAN.

“Daerah Maros memiliki sejarah tersendiri dalam penyebaran ajaran agama Islam khusunya ajaran tarekat. Energi para masyaikh (wali Allah) perlu dihadirkan setiap kegiatan suluk. Kehadiran kegiatan suluk memperjelas silsilah nasab tarekat dan dapat menguatkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme,” ujar Dewan Pembina PC. MATAN Maros, H. Muh. Tonang Cawidu, M. Ag dalam sambutannya.

Materi Ta’aruf MATAN wa Suluk fi al-Thariqah (Taman Suluk) disampaikan oleh H. Anwar Abu Bakar, S. Ag., M. Pd (Ketua Korwil MATAN Sulselbar) dan Dr. K. M. Mahmud Suyuti, M. Ag (Ketua PW MATAN Sulsel).

Sedangkan Tausiyah kethariqahan disampaikan oleh Habib Abd. Rahim Assegaf Puang Makka (Rais Awal Idarah Aliyah JATMAN) dan K. H. Abdullah Asaf, Lc. (Pimpinan Ponpes As-Sa’adah dan Syekh Tarekat Al-Muhammadiyah).

Acara Pra Suluk MATAN diakhiri dengan zikir dan doa bersama yang dipimpin oleh Syekh Andi Hidayat Puang Rukka (Mursyid Tarekat Khalwatiyah Samman).

Acara turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Prov Sulsel, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Maros, Ketua MUI Maros, Kepala KUA se-Kabupaten Maros, dan Komisioner BAZNAS Maros, serta Pengurus PC NU Maros.

Tampak pula Syekh Sayyid Muhammad Rijal Assegaf Puang Awing (Mursyid Tarekat Al-Muhammadiyah dan Khalwatiyah Syekh Yusuf) dan Syekh Abd Aris, S. Pd., M. Pd (Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Mujaddidiyah).

Baca Lainnya
Komentar
Loading...