Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Handphone?

Handphone bisa dibilang adalah benda yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat modern. Sehingga benda ini selalu dibawa kemanapun pergi, ke kasur, meja makan, hingga ke toilet. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur hp selalu menemani entah untuk sekedar mengecek email, melihat waktu atau merespon dan melihat media sosial.

Artinya benda yang paling sering kamu sentuh adalah handphone. Bahkan gadget kesayanganmu ini sering kali dekat dengan wajah dan mulut. Padahal dilansir dari The Huffington Post, bahwa sebuah handphone bisa mengandung hingga 33,200 CFU (colony-forming units/unit pembentuk koloni) bakteri. Bahkan ada penelitian yang menemukan bahwa gadget kamu itu lebih kotor dari dudukan toilet.

Maka sudah sepatutnya kamu menjaga kebersihan HP agar aman dan mengurangi resiko terjangkit kuman, virus ataupun bakteri yang menyebabkan penyakit. Apalagi di tengah Wabah Covid-19 yang sedang melanda sejumlah negara termasuk tanah air.

Lalu bagaimana cara menjaga kebersihan handphone?

1. Rutin membersihkan HP

Gadget perlu dibersihkan secara berkala. Baik bagian layar maupun bagian belakang serta cover dan case-nya. Siapkan kain microfiber agar tidak menggores layarnya. Matikan HP dan lepas case-nya. Kamu bisa gunakan air matang dan sabun. Namun jangan sampai berlebihan agar air tidak masuk. Kamu juga bisa menggunakan alkohol 70% untuk membersihkannya.

2. Pastikan tangan bersih saat memegangnya

Kotornya handphone karena tangan yang memegangnya kotor. Maka pastikan kalau mau memelihara kebersihan dan keamanannya hanya sentuh gadget ketika tangan kamu sudah bersih. Jangan kamu makan sambil memegang gadget. Karena selain bisa membuat Handphone kamu kotor karena minyak atau noda makanan lainnya, paparan kuman atau virus bisa pindah ke makananmu.

3. Jangan sembarang letakkan HP

HP jangan diletakkan di sembarang tempat terutama yang diduga kuat mengandung kuman atau beresiko terpapar bakteri atau virus. Jadikan gadget kesayanganmu ini terlindungi dan aman. Jadi lihat situasi dan kondisi terlebih dahulu kalau kamu mau mengeluarkan handphone.

4 Sering cuci tangan dengan sabun

Ini faktor yang harus kamu camkan. Yaitu sering mencuci tangan dengan sabun. Sebab awalnya menjaga kesehatan ialah dengan menjaga kebersihan tangan. Sebab tangan itulah yang banyak berinteraksi dengan banyak benda di sekeliling atau sehabis bersalaman dengan seseorang. Jika tak ada sabun kamu bisa gunakan hand sanitizer.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...