Bagaimana Cara Membangun Branding Usaha yang Efektif?

Salah satu hal yang sangat penting bagi usaha Anda di era teknologi digital saat ini adalah branding. Branding ialah upaya untuk membangun citra positif dan kesan yang baik.

Branding bisa berupa nama, istilah, logo, slogan dan karakteristik dari sebuah produk atau jasa. Termasuk visi, misi dan jargon bisa dikategorikan sebagai branding.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar proses branding berjalan secara efektif.

Pertama, memiliki website

Dengan memiliki website, pelanggan bisa menemukan usaha Anda di internet. Menurut sebuah studi, kini 82 persen orang mencari produk ataupun jasa yang diinginkan melalui internet. Dengan adanya website, seakan-akan Anda memiliki rumah di internet yang bisa dikunjungi kapan saja.

Kedua, memiliki media sosial

Untuk membangun kedekatan dengan pelanggan, Anda perlu memiliki media sosiual agar tetap terhubung. Selain itu media sosial juga dinilai sebagai platform yang tepat untuk mengekspresikan karakteristik dan sangat efektif untuk memasarkan produk ataupun jasa Anda.

Ketiga, konsisten

Tujuan branding ialah agar produk ataupun jasa Anda mudah diingat ketika pelanggan membutuhkannya. Maka sangat diperlukan dalam melakukan update secara teratur. Konsisten baik ketika melakukan promosi, pembuatan konten digital marketing sampai meng-upload konten media sosial produk atau jasa Anda.

Keempat, tertata rapi

Pastikan konten yang ada di website ataupun media sosial Anda itu tertata rapi. Hal yang demikian itu akan mengesankan bahwa produk ataupun jasa Anda itu bernilai. Perhatikan setiap detail kata, desain, gambar maupun audio video yang diupload di website maupun media sosial.

Kelima, fokus

Untuk melakukan branding yang efektif, Anda harus fokus pada tema tertentu. Tidak gampang merubah citra diri yang menyebabkan produk ataupun jasa Anda sulit dikenali. Pastikan Anda sudah memiliki konsep dan pakem yang menjadi standar.

Keenam, tepat sasaran

Branding yang Anda bangun sesuaikan dengan segmentasi pelanggan. Sehingga corak dan karakteristiknya bisa juga disesuaikan dengan produk ataupun jasa Anda. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk melakukan strategi yang tepat.

Ketujuh, masuk jaringan ataupun komunitas

Bergabung dalam jaringan atau komunitas tertentu membuat branding Anda jadi lebih dikenal secara luas. Dengan begitu juga bisa saling membantu untuk mempromosikan dan berbagi hal seputar pengembangan bisnis, solusi atas kendala bisnis yang sedang dijalankan. Seperti yang diluncurkan oleh TQNMart.com, jaringan bisnis online terpadu Ikhwan Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah Pontren Suryalaya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...