Amal Yang Lebih Baik Dari Dunia Seisinya

0

Dalam beberapa hadis Nabi dijelaskan keutamaan satu ungkapan atau amalan yang jika seseorang mengamalkannya maka amalannya jauh lebih baik daripada dunia seisinya.

  1. Kalimat tauhid yaitu la Ilaha illallah. Jika ditimbang di neraca timbangan, maka kalimat ini bisa lebih berat, lebih berharga dan lebih berbobot daripada timbangan langit, bumi dan seisinya.
  2. Orang yang melaksanakan dua rakaat sunnah sebelum subuh (sunnah qabliyyah) maka pahalanya jauh lebih baik dari dunia seisinya. (HR. Tirmidzi dan Nasa’i dari Aisyah : shahih).
  3. Berjaga menghadapi musuh dalam satu hari (ribathu yaumin fi sabilillah). ( HR. Bukhari, Tirmidzi dari Sahl bin Sa’d : shahih).
  4. Membaca subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu Akbar, lebih baik dari hari ketika matahari yang muncul menyinari bumi. (HR. Muslim dan Tirmidzi).
  5. Pada saat mendapat wahyu berupa surah Al Fath Nabi sangat bergirang dan mengatakan bahwa surah ini lebih aku sukai daripada hari ketika matahari bersinar. (HR. Muslim, Tirmidzi).
  6. Dua kalimat yang enteng diucapkan, sangat disenangi Allah, dan jika ditimbang dalam timbangan amalan, akan sangat berat: subhanallah wabihamdih, subhanallahil ‘adzim. (HR. Bukhari – Muslim)

Dari penjelasan di atas nyatalah bahwa ketauhidan, keimanan, dan hal-hal ukhrawi atau berorientasi ukhrawi jauh lebih baik dan lebih berharga daripada materi duniawi. Hal itu karena materi duniawi bersifat sementara dan akan habis, sedangkan pahala akhirat akan kekal. Orang yang cerdas ialah orang yang selalu memilih keabadian dan kelanggengan daripada yang bersifat sementara dan akan habis. Orang yang bijak akan memilih nilai-nilai keabadian daripada yang bersifat materi.

Dengan melihat itu semua, Al Qur’an sebagai Kalamullah yang berisi tuntunan hidup dan pencerahan jauh lebih baik dan lebih besar anugerahnya daripada seluruh alam semesta. Semoga kita bisa menikmati kehadiran Al Qur’an dalam kehidupan ini.

Oleh: Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad
(Dalam Oase Al Qur’an: Penuntun Kehidupan)

Comments
Loading...