Aktivitas Ringan Ini Bisa Bikin Kamu Sehat dan Kaya Manfaat

Salah satu olahraga ringan dan kaya manfaat adalah berjalan kaki. Meski tergolong sederhana dan ekonomis serta mudah dilakukan di mana saja, faktanya jalan kaki belum menjadi favorit di Indonesia.

Tahun 2017 peneliti dari Stanford University melakukan sebuah studi yang mengatakan bahwa orang Indonesia termasuk yang malas berjalan kaki. Rata-rata orang Indonesia hanya berjalan kaki 3.513 langkah setiap harinya. Ini berbeda dengan Hong Kong yang warganya paling aktif berjalan kaki dengan 6.880 langkah setiap hari.

Padahal banyak sekali manfaat yang kamu peroleh dengan berjalan kaki, mulai dari menurunkan berat badan, mencegah osteoporosis, mengurangi kolesterol, membentuk postur tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga untuk kesehatan jantung. Jalan kaki juga terbukti bisa mengurangi stres, meningkatkan kreativitas hingga membuat mood lebih baik.

Lalu aktivitas ringan apa saja yang bisa kamu manfaatkan agar bisa berjalan kaki setiap hari?

1. Shalat Berjamaah
Foto: Chattrapal Singh.

Banyaknya masjid dan tempat yang disediakan untuk shalat di Indonesia tentu gak akan membuat kamu kesulitan untuk shalat berjamaah. Untuk sampai ke tempat shalat biasanya jaraknya gak sampai 5 menit untuk pulang pergi. Artinya kalau kamu shalat berjamaah rutin lima kali sehari saja, sudah diperoleh 25 menit sehari lewat berjalan kaki. Bukan hanya itu, kamu juga meraih dua keuntungan, sehat secara fisik dan mendapat keutamaan shalat berjamaah.

2. Naik Transportasi Umum
Foto: Alim.

Masyarakat perkotaan kini sudah tak segan lagi naik transportasi umum. Selain mengurangi kemacetan di jalan, cara ini juga dinilai sehat dan efektif membuat kamu rutin berjalan kaki. Mulai dari berjalan cari kendaraan, transit di terminal atau stasiun, menyebrangi jalan, hingga naik JPO dan menyelusuri trotoar. Alhasil, paling tidak 10 menit berjalan atau lebih bisa kamu peroleh dengan cara ini.

3. Berjalan Kaki ke Warung
Foto: Alim.

Kebiasaan kamu menggunakan motor untuk sekedar ke warung, tempat makan atau mini mart akan menjauhkan kamu dari kebiasaan sehat berjalan kaki. Maka biasakanlah untuk jarak dekat, kamu tempuh dengan berjalan kaki. Dengan cara ini kamu bisa irit bensin dan gak perlu bayar parkir. Kalau kamu sudah terbiasa, jalan kaki akan jadi habit yang menyenangkan loh!.

4. Berkeliling Ruangan atau Lingkungan Sekitar
Foto: archdaily.com.

Salah satu aktivitas yang bisa kamu pilih juga yaitu berkeliling di ruangan kantor atau lingkungan sekitar. Cara ini bisa dilakukan di kantor ketika jeda istirahat atau ketika sudah di rumah untuk bersosialisasi dengan tetangga. Niatkan juga dalam hati untuk menjalin silaturahim yang baik dengan orang-orang sekitar. Selain itu cara ini juga membuat kamu lebih dikenal dan bisa mengenal lingkungan di sekitarmu dengan lebih baik.

5. Gunakan Aplikasi Pejalan Kaki
Foto: askifa.ng.

Cara ini sangat efektif untuk menghitung berapa langkah yang sudah kamu tempuh dalam sehari. Dengan cara ini kamu akan lebih termotivasi untuk mencapai target harian dan memanfaatkan kesempatan untuk bisa berjalan kaki. Aplikasi ini bisa kamu instal di Play Store atau App Store. Misalnya kamu bisa pakai Google Fit atau Pedometer.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...