Ajib! Ini Alasan Kamu Perlu Memperbanyak Istighfar

Dalam kitab Abwabul Faraj karya Syekh Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al Maliki Al Hasani terdapat satu bab berjudul Bab Istighfar. Ulama Ahlussunnah wal Jamaah yang semasa hidupnya tinggal dan mengajar di tanah suci Mekah ini menguraikan manfaat beristighfar diantaranya:

1. Menjadi sebab mudah datangnya rezeki dan mendapatkan jalan keluar
Rasul Saw bersabda:

” مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Siapa yang melazimkan beristighfar, maka Allah jadikan baginya jalan keluar atas segala kesulitannya. Allah juga akan memberikam kelapangan atas segala kesempitan dan kesusahannya. Serta memberinya rezeki dari jalan yang tak disangka sangka. (HR. Abu Dawud, An Nasa’i, Ibnu Majah, dan Hakim).

2. Dengan beristighfar, Allah mengampuni dosamu
Rasul Saw bersabda:

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ، وَلَا أُبَالِي. يَا ابْنَ آدَمَ، لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي. يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا، ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, sungguh selama engkau berdoa kepada-Ku dan berharap kepada-Ku, niscaya Aku ampuni semua dosa yang ada pada dirimu, dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu sampai setinggi awan di langit, kemudian engkau memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku ampuni dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya engkau mendatangi-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi, kemudian menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan Aku sedikit pun, tentulah Aku akan memberikan pengampunan sepenuh bumi. (HR. Tirmidzi).

3. Terhindar dari azab pada hari kiamat
Rasul Saw bersabda:

ما من مسلم يعمل ذنبا إلا وقف الملك ثلاث ساعات فإن استغفر من ذنبه لم يكتبه عليه ولم يعذبه الله يوم القيامة

Tidaklah seorang muslim berbuat dosa kecuali Malaikat berdiri selama tiga saat (jam). Bila ia beristighfar dari dosanya maka malaikat itu tidak mencatatnya dan Allah tidak akan menyiksanya pada hari kiamat. (HR. Hakim).

4. Membersihkan karat qalbu

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا أَخْطَأَ خَطِيئَةً نُكِتَتْ فِي قَلْبِهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ، فَإِذَا هُوَ نَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ وَتَابَ، صقِلَ قَلْبُهُ، وَإِنْ عَادَ زِيدَ فِيهَا حَتَّى تَعْلُوَ قَلْبَهُ، وَهُوَ الرَّانُ الَّذِي ذَكَرَ اللَّهُ : { كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ } “.

“Jika seorang hamba melakukan kesalahan maka (dengan sebab kesalahan itu) tertoreh noktah hitam dalam qalbunya. Jika ia meninggalkan (dosa itu) dan beristighfar serta bertobat maka qalbu itu kembali bersih. Dan jika ia mengulangi (kesalahannya) maka bertambah noktahnya itu sehingga qalbunya tertutupi. Dan itulah karat seperti disebutkan Allah dalam firmanNya, “Sekali-kali tidak! Bahkan apa yang mereka kerjakan itu telah menutupi hati mereka.” (HR Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Hakim).

5. Meneladani nabi, para sahabat dan arifin

يَا أَيُّهَا النَّاسُ، تُوبُوا إِلَى اللَّهِ، فَإِنِّي أَتُوبُ فِي الْيَوْمِ إِلَيْهِ مِائَةَ مَرَّةٍ “.

Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah karena sesungguhnya aku dalam sehari 100 kali bertobat. (HR. Muslim).

Selain 5 hal dia atas masih banyak keutamaan istighfar lainnya yang ditulis dalam kitab tersebut, seperti mengabulkan hajat, menghilangkan kesedihan, mencegah kemurungan, melancarkan rezeki, memelihara harta, tercapainya cita-cita, menutup aib, memperoleh keberkahan harta, kelapangan dada hingga memperbaiki akhlak.

Abuya Al Maliki juga mengutip di dalam kitabnya tersebut macam macam istighfar seperti istighfar nabi Adam (Kalimat), sayyidul istighfar, serta istighfar yang ma’tsur dari salaf. Ada juga istighfar untuk menolak bala’ dan terjawabnya doa. Serta istighfar para imam seperti Imam Al Haddad, Imam Hasan Bashri, Imam Ahmad bin Idris dan Imam Syairazi serta Imam Ahmad Rifa’i.

Penulis: Saepuloh

Baca Lainnya
Komentar
Loading...