Pengurus Idaroh Aliyah JATMAN Ceritakan Keadaan dan Hikmah di Balik Tenda Mina

Dr KH Ali M. Abdillah, MA Co Founder Al-Rabbani Islamic College menceritakan keadaan Mina. "Disaat panas menyengat ada jamaah haji luar negeri yang berduyun-duyun melakukan lempar jumrah pada tanggal 11,12 yaitu jumrah ula, wustha dan aqabah bagi yang memilih nafar awal. Mereka ingin meraih keutamaan lempar jumrah ba’da jawal tapi tidak memikirkan madharatnya," tulisnya pada akun FB Ali M. Abdillah

Juni 23, 2024 - 21:32
Juni 23, 2024 - 21:41
 0
Pengurus Idaroh Aliyah JATMAN Ceritakan Keadaan dan Hikmah di Balik Tenda Mina

Jakarta, JATMAN Online - Sekretaris Awwal Idaroh Aliyah JATMAN KH Ali M. Abdillah tahun ini berkesempatan menunaikan ibadah haji. Ia berangkat dari tanah air menuju KSA (Kindom Saudi Arabia) pada 28 Mei 2024. 

Saat di Mina Kiai Ali M. Abdillah menuliskan sajak dengan judul "Hamba Pendosa" Dengan untaian beberapa bait sebagai berikut: 

Bersimpuh di hadapan-Mu 

Merenungi tentang Kesejatian Diri 

Mengikuti Dawuh Sang Kekasih 

Jejak Sang Nabi nyata disini 

Mina Memutih Berbelas Kasih-Mu

اللَّهُمَّ هٰذِهِ مِنٰي فَامْنُنْ عَلَيَّ بِمَا مَنَنْتَ بِهِ عَلَى أَوْلِيَائِكَ وَأهْلِ طَاعَتِكَ

"Ya Allah, tempat ini adalah Mina, maka anugerahilah aku apa yang telah Engkau anugerahkan kepada orang-orang yang dekat dan taat kepada-Mu."

Pengasuh Ponpes Al-Rabbani Islamic College ini menceritakan keadaan Mina.

"Disaat panas menyengat ada jamaah haji luar negeri yang berduyun-duyun melakukan lempar jumrah pada tanggal 11,12 yaitu jumrah ula, wustha dan aqabah bagi yang memilih nafar awal. Mereka ingin meraih keutamaan lempar jumrah ba’da jawal tapi tidak memikirkan madharatnya," tulisnya pada akun FB Ali M. Abdillah 

Ia melanjutkan, Akhirnya banyak diantara mereka yang tumbang terkena heatstroke yaitu serangan panas membuat jamaah kelelahan, pingsan bahkan banyak yang wafat (17/6) Mina, KSA. 

"Maka ijtihad lempar jumrah qabla jawal menjadi solusi bagi jamaah haji Indonesia atau sesudah ashar saat matahari mulai meredup demi kemaslahatan hifdzun nafsi, Semoga jamaah haji Indonesia diberikan sehat wal afiat," jelasnya. 

Pewarta : Abdul Mun'im Hasan