6 Cara Hindari Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

Bila melihat data sementara saat ini, penularan virus corona belum menunjukkan adanya penurunan. Salah satu klaster penyebaran virus corona yang patut diwaspadai adalah klaster perkantoran, selain klaster keluarga dan pilkada.

DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah yang melaporkan klaster perkantoran. Setidaknya berdasarkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta ada 440 karyawan di 68 kantor yang dinyatakan positif Covid-19.

Untuk menghindari penyebaran virus corona di tempat kerja, berikut panduannya:

Virus menyebar melalui cairan tubuh

Covid-19 ini diketahui menyebar lewat cairan tubuh. Percikan cairan yang berasal dari saluran pernapasan dan mulut, seperti buliran yang keluar saat batuk atau bersin, yang kita sebut sebagai droplets termasuk juga air liur.

Virus ini juga dapat menyebar secara tidak langsung. Misalnya melalui benda-benda yang sudah tercemar virus akibat percikan atau sentuhan tangan yang tercemar virus. Selain itu, virus juga bisa tertinggal di permukaan benda dan hidup selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Pastikan kantor dalam keadaan bersih dan higienis

Badan kesehatan dunia atau WHO menjelaskan bahwa cara ampuh untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona sangatlah sederhana. Yakni dengan memastikan lingkungan sekitarmu tetap terjaga kebersihan dan higienitasnya.

Pastikan meja, kursi, dan perangkat kerja lainnya dibersihkan selalu menggunakan disinfektan. Sediakan pula hand sanitizer atau pembersih tangan di tempat umum, serta rutin mencuci tangan.

Memakai masker dan tisu

Pastikan warga kantor untuk memakai masker, terutama saat berdekatan dengan yang lainnya. Lalu gunakan tisu untuk menyeka muka, membersihkan hidung ketika meler, ataupun saat bersin dan batuk. Dengan demikian penyediaan masker dan tisu menjadi hal yang urgen di kantor. Begitu pula dengan tempat sampah yang tertutup, karena lingkungan udara yang baik bisa mencegah penyebaran virus.

Istirahat jika tubuh tidak fit

Jika tubuh Anda sedang merasa tidak fit, maka sebaiknya istirahat di rumah dan meminum obat sampai tubuh kembali fit. Karena ada dua kemungkinan jika Anda sedang kurang fit, pertama daya imun tubuh sedang melemah, kedua jika Anda batuk misalnya, ditakutkan sedang mengalami gejala terinfeksi covid-19.

Saling mengingatkan kewaspadaan

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran akan penyebaran covid-19 ialah kebijakan kantor yang mewajibkan pelaksanaan protokol kesehatan. Mulai dari pemeriksaan ketika masuk kantor, tata cara beribadah saat di kantor, makan siang, hingga mekanisme jika bepergian ke zona atau wilayah yang sudah terkena wabah.

Selain itu, warga kantor mesti saling mengingatkan di setiap kesempatan. Karena ini demi kesehatan dan keselamatan warga kantor seluruhnya serta keluarga di rumah. Poster secara visual di tempat yang mudah dilihat ataupun pesan secara verbal bisa dilakukan di kantor.

Membaca doa perlindungan

Tiada suatu apapun yang terjadi kecuali atas izin Allah, baik itu kebaikan maupun keburukan, termasuk penyakit dan bencana. Oleh karenanya, selain membaca wirid sehari-hari Anda bisa membaca doa perlindungan, misalnya dengan rutin membaca surah al Falaq dan an Nas setiap pagi dan petang. Karena sejatinya, hanya Allah lah yang Maha Pelindung dan Maha Mencegah Bala’ dan Bencana.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...