5 Keuntungan Saat Kamu Kurangi Penggunaan Kertas

Kertas sudah jadi barang yang hampir selalu ada di sekeliling kita. Mulai dari menjadi media dan bukti transaksi seperti uang dan struk belanja. Kertas juga jadi alat dokumentasi seperti ijazah, laporan kerja dan sebagainya. Kertas juga masih favorit dijadikan sebagai media edukasi dan informasi seperti buku dan brosur. Selain itu, kertas juga dipilih menjadi alat kemasan seperti pembungkus makanan.

Namun di era digital ini, berbagai instansi dan perusahaan mulai mengurangi penggunaan kertas dan beralih menggunakan media digital walau tak seluruhnya. Tahukah kamu kalau dengan mengurangi penggunaan kertas ada keuntungan yang entah kamu sadari atau tidak.

1. Ramah lingkungan

Dengan mengurangi kertas, kamu ikut menjaga lingkungan dari sampah dan limbah kertas. Meski mudah terurai di tanah dan bisa didaur ulang, bahan baku kertas adalah pohon. Kapasitas produksi kertas di Indonesia sendiri mencapai 16 juta ton dan 11 juta ton pulp (bubur kertas) pertahun. Semakin banyak penggunaan kertas maka akan semakin banyak hutan dan pohon yang dikorbankan. Dengan begitu kamu ikut menjaga kelestarian alam sebagai bagian dari pengamalan agama.

2. Hemat uang

Dengan menggunakan media digital misalnya, kamu tidak perlu menggunakan biaya untuk membeli kertas, tinta print dan listrik. Artinya, akan menekan budget. Anggaran yang awalnya untuk penggunaan kertas bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat dan berfaedah.

3. Hemat ruang

Dengan mengurangi penggunaan kertas, kamu tidak perlu memiliki banyak ruang untuk menyimpan kertas dan dokumen. Ruangan bisa digunakan untuk fungsi lain yang lebih strategis atau prioritas. Kamu hanya perlu me-manage data dan dokumen serta menyiapkan ruang penyimpanan data digital baik itu di gawai ataupun melalui layanan penyimpanan online yang bisa digunakan kapan pun.

4. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

Dengan menyimpan data dan dokumen secara digital, kamu tidak akan serepot mencari dokumen kertas yang bisa jadi menumpuk tidak karuan. Kamu juga bisa lebih mudah mengolah menggunakan data atau dokumen yang dibutuhkan. Karena lebih efisien, cepat dan akurat sehingga kamu bisa menggunakan waktu lebih produktif untuk hal lain yang lebih prioritas.

5. Mudah berbagi dan kolaborasi

Karena berbentuk digital, tentu akan lebih mudah dibagikan dan dikolaborasikan dengan pihak-pihak lain. Pertukaran informasi yang cepat saat ini memang sangat memerlukan Paperless Culture (budaya pengurangan penggunaan kertas). Namun, kamu juga mesti memperhatikan keamanan dokumen dan jangan sampai disalahgunakan ya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...