5 Dzikir Sederhana Ini Bisa Jadi Teman Kamu Saat Kemacetan

Penduduk kota besar dikenal memiliki mobilitas yang tinggi. Kesibukan dan rutinitas untuk memenuhi kebutuhan dan menjemput rezeki jadi alasan utama. Namun tak jarang, perjalanan menuju tempat kerja atau aktivitas lainnya menemui kemacetan. Atau bisa jadi juga justru kendaraan yang kamu pakai menyumbangkan kemacetan. Akibatnya lebih banyak waktu di jalan yang dihabiskan bahkan terbuang sia-sia. Padahal waktu tidak akan pernah kembali lagi dan tidak bisa dibeli.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengisi waktu itu dengan hal yang berfaedah dan membawa banyak manfaat. Salah satunya ialah dengan berdzikir. Berikut 5 dzikir sederhana yang bisa kamu baca dengan lisan maupun dalam hati.

1. Istighfar

Istighfar ialah ucapan astaghfirullah (Aku memohon ampun pada Allah) Dengan membaca istighfar, kamu bisa membersihkan diri dari dosa dan pikiran negatif. Dzikir ini juga banyak memiliki keutamaan. Salah satunya, Allah akan berikan jalan keluar atas permasalahan atau problematika yang sedang kamu hadapi. Dengan begitu kamu bisa lebih optimis menghadapi dunia kerja dan usaha.

“Siapa yang melazimkan beristighfar, maka Allah jadikan baginya jalan keluar atas segala kesulitannya. Allah juga akan memberikam kelapangan atas segala kesempitan dan kesusahannya. Serta memberinya rezeki dari jalan yang tak disangka sangka”. (HR. Abu Dawud, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim).

2. Shalawat

Lafalnya bisa beragam, diantaranya, Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad. Memperbanyak shalawat akan membuat hati kamu lebih tenang dan lebih berharapan baik. Hal ini sangat baik untuk memulai dan menutup harimu. Manfaatnya, Allah juga akan memberikan rahmat kepada kamu yang bershalawat. “Siapa yang bershalawat padaku sekali, Allah akan curahkan rahmat sepuluh kali padanya”. (HR. Muslim).

3. Kalimat Tauhid

Dzikir ini disebut Nabi Saw sebagai dzikir yang paling utama. “Dzikir yang paling utama adalah laa ilaha illa Allah (Tiada tuhan selain Allah)”. (HR. Tirmidzi). Dzikir ini mampu memperteguh keimanan dan menyucikan diri, serta mendekatkan diri kepada Allah. Sehingga tidak ada yang jadi pegangan, tumpuan dan tujuan dalam hidup ini kecuali Allah Swt. Dzikir ini juga akan membersihkan kotoran qalbu dan mengusir setan dalam hatimu. Dijamin stres dan depresi serta malas jauh darimu.

4. Tahmid

Ucapan alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) bukan sekedar ungkapan saat kamu mendapatkan kenikmatan. Tapi juga menjadi doa yang membuat kamu punya energi positif dan lebih bersyukur dengan apapun anugerah Allah SWT. Dengan memperbanyak bersyukur, Allah akan menambah nikmat-Nya. Tahmid ini juga jadi doa yang terbaik yang bisa kamu baca dalam kondisi apapun. “Doa yang paling utama adalah alhamdulillah”. (HR. Tirmidzi).

5. Tasbih

Kalimat tasbih berbunyi subhanallah (Maha Suci Allah). Dzikir ini sangat disukai Allah, dan banyak manfaatnya. Diantaranya akan dicatat bagi kamu seribu kebaikan atau dihapusnya seribu kesalahan. “Ketika itu kami bersama Rasulullah Saw, kemudian beliau bersabda, ‘Mampukah kalian mengerjakan setiap harinya seribu kebaikan?’ seseorang bertanya dari tempat ia duduk, ‘Bagaimana bisa salah satu dari kita melakukan seribu kebaikan?’ Lalu Nabi menjawab, ‘Bertasbihlah seratus kali tasbih, maka akan ditulis baginya seribu kebaikan, atau akan dihapus darinya seribu kesalahan.” (HR. Muslim).

Meski sederhana, nyatanya dzikir-dzikir ini banyak memberikan manfaat luar biasa untuk dirimu. Kamu bisa baca saat dalam kemacetan maupun ketika dalam kendaraan umum. Bisa juga kamu baca saat menunggu kendaraan atau menuju tempat yang ingin kamu tuju. Meski begitu, kamu tetap harus mendahulukan unsur keselamatan dalam berkendara ya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...