5 Cara Cepat Dapat Pasangan Hidup

Siapa yang daftar impian di tahun depannya menikah? Semoga Allah segera kabulkan doa kamu ya! Buat kamu yang masih sendirian karena belum punya pasangan hidup. Coba deh lima cara ini. Niscaya dengan izin Tuhan, bisa segera terwujud pernikahan yang kamu impikan.

1. Perkuat niat
Niat menjadi hal terpenting sebelum kamu ambil keputusan apapun. Kalau kamu mau menikah maka perkuatlah niat. Caranya, perbanyaklah niat baik. Bahwa kamu niat menikah untuk mengikuti sunnah rasul, menikah karena cinta kepada Allah dan Rasulullah, menikah untuk ibadah, menikah demi meneruskan keturunan yang shalih shalihah, menikah untuk menjaga diri dari godaan setan dan hawa nafsu serta menjaga pandangan dan hasrat keburukan, menikah untuk menjaga kemaluan dari perbuatan zina, menikah untuk membangun keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah, menikah untuk membahagiakan istri dan anak keturunan, menikah untuk memperbanyak generasi emas di negeri ini. Kamu juga bisa pasang niat, “aku niat sebagaimana niat orang-orang shalih dan para ulama yang mengamalkan ilmunya itu menikah”.

2. Perbaiki diri
Allah tidak merubah nasib seseorang, sampai ia merubah dirinya. Untuk hasil yang berbeda, kamu tidak bisa memakai cara yang sama. Maka keinginan untuk menikah, tidak bisa hanya di angan saja. Perlu ada tekad dan tindakan yang selaras dengan doa kamu di sepertiga malam. Misalnya, kamu cek apa saja yang bisa diperbaiki dari diri kamu. Mulai dari bagaimana kamu menghargai waktu, bagaimana kamu menghargai diri kamu dengan masuk pada pergaulan yang membaikkan dan menghormati kamu. Sampai bagaimana kualitas hubunganmu dengan orang tua dan kedekatanmu dengan Allah swt.

3. Persiapan diri
Mempersiapkan pernikahan bukan hal yang sederhana hanya seputar berapa budget yang dibutuhkan. Kamu perlu mempersiapkan ilmu terkait pernikahan seperti Fiqh dan kesehatan reproduksi, ilmu mengasuh anak atau parenting, persiapan fisik dan kesehatan serta persiapan mental dan spiritual untuk masuk jenjang kehidupan yang baru. Kalau kamu sudah mempersiapkan itu, kamu juga perlu mempelajari cara mengatur keuangan, komunikasi dan mengatasi konflik dengan pasangan.

4. Perbanyak doa
Doa bukan hanya diucapkan, tapi mesti disertai kesungguhan hati dan ketulusan. Menikah adalah ibadah, jika niat sudah bulat untuk mengikuti sunnah Rasul dan menghindari perbuatan zina, maka kamu mesti percaya Allah akan memberikan jalan keluar. Apalagi seiring bertambahnya ketaqwaanmu, maka semakin dekat jodoh yang kamu harapkan. Jauhi juga sifat iri dengki serta hasud dan takabbur dari dalam qalbu. Maafkanlah mereka yang pernah menyakitimu. Allah akan berikan lembar baru yang indah bagi kebahagiaanmu yang penuh dengan keberkahan. Jangan lupa juga minta didoakan oleh guru dan orang tuamu.

5. Perkenalkan diri
Buat dirimu jadi lebih dikenal baik dan jelaskan statusmu yang masih sendirian secara jujur dan elegan. Meski Allah adalah Al Wajid, Yang Maha Menemukan, namun usaha dari kamu untuk lebih dikenal dan pantas mendapat pasangan yang baik perlu juga dilakukan. Di era medsos, orang bisa saling menemukan dan mengenal melalui berbagai platform. Kamu juga bisa ikutan berbagai program taarufan terpercaya yang sedang tren. Kamu bisa juga minta tolong untuk dicarikan oleh orang di sekeliling kamu, bisa orang tua, teman, sahabat hingga gurumu. Yang terpenting jangan putus asa dan tetaplah optimis.

Penulis: Saepuloh

Komentar
Loading...