5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Bahasa Inggris Lewat Berita

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris kini menjadi sebuah kebutuhan penting untuk dikuasai. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, salah satunya dengan membaca artikel berita di koran atau menonton berita internasional di TV maupun media online.

Membaca atau menonton berita tidak hanya memperluas wawasan dan selalu update dengan perkembangan terkini. Namun juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu karena berita yang ditulis atau disampaikan penyiar berita ditulis oleh personel terlatih berbahasa Inggris baik dan benar.

Tidak hanya alasan itu saja, masih banyak lagi alasan mengapa kamu harus memulai belajar bahasa Inggris melalui berita. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kamu akan belajar kosakata relevan dan terkini

Kosakata merupakan salah satu keterampilan paling penting dan mendasar untuk menguasai suatu bahasa. Program berita pada umumnya berfokus pada hal-hal unik dan perkembangan terkini dari berbagai macam aspek. Membaca atau mendengarkan berita khususnya dalam bahasa Inggris dapat menambah kosakata baru dan relevan terkait berita-berita yang kamu ikuti. Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana suatu masalah dikemas menjadi suatu berita dalam bahasa Inggris.

2. Sumber belajar gratis sangat melimpah

Kini tidak ada lagi alasan bahwa belajar bahasa Inggris itu mahal karena kamu bisa membaca atau menonton berita yang tak terhitung jumlahnya secara gratis di website penyedia sumber berita. Kamu juga bisa mencari sendiri topik berita yang kamu sukai serta memilih cara belajar yang kamu suka, apakah itu dengan membaca artikel atau menonton berita. Kamu bisa mengakses secara online dan gratis berita-berita berbahasa Inggris tersebut melalui Youtube, BBC, BuzzFeed News, The Guardian, dan masih banyak lagi.

3. Meningkatkan kemampuan membaca dan mendengar bahasa Inggris

Aspek keterampilan dasar berbahasa terdiri dari keterampilan membaca (reading), menulis (writing), berbicara (speaking), dan mendengarkan (listening). Berita dapat diakses dalam berbagai bentuk seperti disiarkan di TV, radio atau podcast, dicetak di koran ataupun ditampilkan di situs web dan media online lainnya. Mengakses berita berbahasa Inggris setidaknya dapat meningkatkan kemampuan membaca dan mendengarkan.

Berita cetak di koran maupun online berguna untuk melatih kemampuan membaca. Ketika menemukan kosakata yang tidak kamu pahami, kamu pasti akan menebak atau mencari arti kata-kata tersebut di kamus dan secara tidak langsung kegiatan tersebut dapat membuatmu mengingat kosakata tersebut.

Sementara itu, mendengarkan laporan berita bagus untuk melatih pendengaran dan menambah kosakata baru karena penyiar berita dalam menyiarkan berita cenderung berbicara jelas dan lebih lambat dibandingkan dengan pembicaraan percakapan. Bahkan kamu juga dapat mempelajari cara pengucapan kosakata yang kamu dengarkan serta berlatih aksen bahasa Inggris.

4. Kamu dapat menentukan sendiri tingkat kemampuan dan topik yang disukai

Tidak usah khawatir jika kamu masih seorang pemula dalam belajar bahasa Inggris. Perlu diingat bahwa sumber berita gratis itu sangat melimpah jumlahnya sehingga kamu bisa menentukan sendiri topik yang kamu sukai kemudian menonton atau membaca berita di tingkat yang sesuai untuk kamu. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat meningkatkan kemampuanmu dengan menonton atau membaca berita yang lebih sulit. Practice makes perfect!

5. Bisa belajar kapanpun dan dimanapun dengan sumber ter-update

Dengan melimpahnya sumber berita secara online, membuat sumber belajar bahasa Inggrismu menjadi tak terbatas, bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun karena mudah di akses melalui ponsel pintar.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam belajar bahasa Inggris melalui berita seperti pilih topik berita yang kamu minati sehingga membuatmu termotivasi untuk belajar, pilih konten berita dari sumber terpercaya dan berkualitas, tulis kosakata yang tidak kamu pahami kemudian interpretasi arti kosakata tersebut dan jika kamu benar-benar tidak paham maka kamu dapat mencari kosakata tersebut dalam kamus, serta yang terakhir adalah coba lafalkan kosakata baru yang kamu dapatkan serta buatlah kalimat dari kosakata tersebut agar kosakata barumu dapat kamu ingat dengan baik.

Overall, belajar bahasa Inggris dari berita memiliki segudang manfaat, bukan? So, baca jangan lupa untuk membaca atau menonton berita dalam bahasa Inggris setiap hari dan rasakan manfaatnya dalam mengoptimalisasi belajar bahasa Inggrismu! Semoga berhasil ya.

Sumber: idntimes.com

Komentar
Loading...