4 Hal Yang Perlu Diajarkan Kepada Anak Tentang Uang

Salah satu pelajaran yang mesti ditanamkan kepada anak sejak dini ialah mengenai uang. Karena tak sedikit keluarga yang menganggap tabu ketika membicarakan uang kepada anak.

Bagaimana anak memahami konsep dan peran uang dalam kehidupan. Bagaimana pemanfaatan uang secara tepat guna. Tentu hal yang demikian itu akan membangun karakter anak yang bijak terhadap uang.

Lalu apa saja yang perlu diajarkan kepada anak mengenai uang?

Memperoleh Uang

Anak perlu diberikan pengertian bahwa uang tidak begitu saja muncul. Tinggal tarik di ATM ketika membutuhkan. Anak perlu mengetahui bahwa uang itu diperoleh melalui usaha.

Caranya, anak bisa diajak untuk melihat aktivitas kerja atau mengajaknya ke tempat kerja. Memperlihatkan kepadanya apa yang perlu dilakukan untuk memperoleh atau menghasilkan uang.

Membelanjakan Uang

Uang itu perlu dibelanjakan, maka tanamkanlah pada anak, bahwa uang bukan untuk ditimbun. Karena uang merupakan alat pembayaran yang sah. Maka kita perlu memberikan edukasi dan mengawal anak agar membelanjakan uang untuk hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika sebelumnya anak sudah mengerti bahwa uang mesti diperoleh baru bisa dibelanjakan. Maka jika anak menginginkan sesuatu yang mahal, anak perlu belajar menahan keinginannya. Anak bisa belajar untuk menabung demi membeli sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkannya.

Menyimpan Uang

Uang bukan hanya untuk dibelanjakan, sebagiannya juga perlu disimpan untuk keperluan tertentu. Sehingga anak juga perlu diajarkan untuk menabung sesuai dengan tujuan yang jelas.

Kita juga bisa memperlihatkan kepadanya gambaran berapa saldo yang dimiliki ketika menabung dalam waktu tertentu. Serta apa yang bisa diwujudkan dengan uang tersebut.

Memberikan Uang

Berikan pengertian kepada Anak, bahwa semua rezeki itu dari Allah Swt dan dalam sebagian harta kita ada hak orang lain yang membutuhkan. Sehingga anak perlu dilatih untuk bersedekah secara rutin. Untuk tahap awal, biasakan anak berbagi dengan makanan atau berbagi mainannya ataupun memberikan hadiah.

Anak perlu mengerti bahwa uang yang dimilikinya mesti digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Baik itu untuk berbelanja, menabung dan bersedekah ataupun berinvestasi.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...