3 Cara Mengatasi Rasa Malas

Ada dua kebiasaan yang bisa jadi sering kamu lakukan. Pertama, sering menunda hal yang akan kamu kerjakan. Kedua, mengerjakan sesuatu justru ketika sudah mepet waktu alias deadline.

Dua hal ini sangat tidak baik kalau berulang kamu lakukan. Karena selain bikin hasil kerja kamu gak maksimal juga berpengaruh terhadap karakter diri yang terbentuk.

Lalu kalau ditanya apa sih penyebabnya?
Penyebabnya adalah rasa malas. Lalu gimana cara mengatasi malas?

Pertama, pahami bahwa malas adalah akibat

Jadi kamu tidak mungkin bisa mengatasi kemalasan. Karena malas tidak datang tiba-tiba. Ia muncul karena ada sebabnya. Malas ditandai dengan tubuh yang tak bertenaga, sering menunda, menghindari melakukan sesuatu, memilih yang paling nyaman menurut dirinya atau hingga ke mager alias males gerak. Malas di sini ialah malas untuk melakukan hal yang penting dan prioritas buat kamu.

Kedua, kenali dahulu apa penyebab malas

Jika malas itu adalah akibat, maka kamu mesti mengenali diri apa yang membuat kamu jadi malas untuk melakukannya. Karena orang akan bisa mengatasi kemalasannya kalau ia tahu penyebab dan menyelesaikan apa yang menjadi penyebabnya.

Misalnya malas karena tidak percaya diri, malas karena merasa pesimis, malas karena merasa gak ada gunanya juga dikerjakan, malas karena gak yakin akan hasilnya dan lain sebagainya. Kamu perlu mengerti dirimu apa yang menyebabkan rasa malas itu hadir. Begitu mengerti, selesaikanlah hal tersebut.

Ketiga, mohon pada Allah dijauhkan dari malas

Dalam sebuah hadis Rasul bersabda “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.” (HR. Bukhari).

Sumber kemalasan bisa jadi dorongan hawa nafsu yang diperkuat dengan bisikan setan di dalam hati. Itu sebabnya kamu juga perlu memohon perlindungan Allah Swt. Apalagi menyangkut perbuatan yang bermanfaat atau membawa kebaikan bagi orang banyak. Jika malas itu datang segera mohon perlindungan.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...