19 Pasangan Menikah Masal Dalam Rangkaian Maulid Nabi Saw

0

Pekalongan – Dalam rangkaian peringatan Maulid Akbar Nabi Muhammad Saw, sebanyak 19 pasangan mengikuti prosesi akad nikah yang digelar panitia Maulidurrasul Saw di Gedung Kanzus Sholawat di Jalan Dr. Wahidin 70, Noyontaansari, Kota Pekalongan, Jum’at (14/12).

Koordinator Nikah Maulid, H. Agus Yahya menjelaskan, para peserta nikah maulid berasal dari berbagai daerah, bukan hanya dari Kota Pekalongan. Antara lain dari Kabupaten Pekalongan dan Batang, bahkan ada yang dari luar Jawa Tengah.

Agus menyampaikan, nikah maulid merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang digelar Kanzus Sholawat setiap tahunnya. Para calon peserta nikah maulid itu sebelumnya telah mendaftar ke panitia maupun melalui Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. “Dengan bergabung mengikuti nikah maulid ini, mereka akan tercatat secara resmi di KUA,” imbuh pria yang juga Kepala KUA Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan.

Diantara yang mengikuti akad nikah, yang tertua berusia 71 tahun dan yang termuda berumur 18 tahun, sebagian yang ikut karena belum tercatat di KUA. Dijelaskan pula bahwa peserta nikah maulid tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Mereka bahkan mendapatkan baju muslim, busana muslimah, peci dan uang saku.

Salah seorang calon peserta nikah maulid, Imam (28), menuturkan dirinya sengaja mendaftar ikut nikah maulid di Kanzus Sholawat karena semuanya dibantu oleh panitia, terutama dalam hal biaya. “Alhamdulillah, keinginan kami untuk menikah tercapai. Adanya nikah maulid yang akan digelar Kanzus Sholawat ini sangat membantu orang-orang seperti kami,” ungkapnya.

Hadir KH. Abdullah Saad pengasuh Pondok Pesantren Al-Inshof Karanganyar, Jawa Tengah menyampaikan tausiyah. (eep/muiz/way)

Comments
Loading...