13 Manfaat Kopi Menurut Sains

Kopi adalah minuman paling populer di dunia. Hampir di semua negara ada tradisi ngopi dengan cara dan keunikan masing-masing. Selain nikmat, berkat tingginya kandungan antioksidan serta nutrisi bermanfaat, nampaknya ngopi juga menyehatkan.

Studi menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena sejumlah penyakit serius. Berikut 13 manfaat kesehatan ngopi menurut sains sebagaimana dikutip dari healthline.com:

1. Meningkatkan energi dan membuat lebih cerdas

Ajakan ngopi biar lebih cerdas ternyata bukan gurauan. Kopi ternyata dapat membantu Anda yang tengah kelelahan akibat rutinitas yang padat, untuk kembali meningkatkan energi.

Kopi mengandung stimulan yang disebut kafein. Ini adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Kafein akan menghambat neurotransmitter penghambat di otak, dan menyebabkan efek stimulan. Inilah yang kemudian meningkatkan energi, suasana hati dan berbagai aspek fungsi otak. Maka itu, bagi sebagian orang ngopi dianggap sebagai solusi jika pikiran dan ide sudah mengalami jalan buntu.

2. Membantu membakar lemak

Kafein ditemukan hampir di setiap suplemen pembakar lemak komersial. Kafein terbukti sebagai salah satu zat alami yang membantu pembakaran lemak.

Sejumlah penelitian menunjukkan, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme Anda hingga 3-11%. Bahkan ada yang lebih spesifik menyimpulkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Dengan catatan, mungkin efek tersebut berkurang pada maniak kopi yang meminum kopi dalam jangka panjang.

3. Meningkatkan kinerja fisik secara drastis

Kafein merangsang sistem saraf, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh, juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah. Ini adalah hormon “pertarungan” yang mempersiapkan tubuh untuk menghadapi aktivitas fisik yang intens.

Foto: Johnny Willz

Kafein juga berfungsi memecah lemak tubuh dan membuat asam lemak bebas tersedia. Efeknya, dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12%. Karena itu, masuk akal untuk minum secangkir kopi ekitar setengah jam sebelum pergi ke gym.

4. Mengandung nutrisi esensial

Banyak nutrisi esensial dalam biji kopi yang masuk ke dalam kopi yang setelah diseduh. Secangkir kopi mengandung: Riboflavin (vitamin B2): 11% dari Reference Daily Intake (RDI). Asam Pantotenat (vitamin B5): 6% dari RDI. Mangan dan kalium: 3% dari RDI. Magnesium dan niasin (vitamin B3): 2% dari RDI.

5. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan utama yang saat ini diderita jutaan orang di seluruh dunia. Ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Meminum kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 secara signifikan. Studi menyebutkan, peminum kopi memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini.

6. Melindungi dari Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan merupakan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Biasanya, diderita oleh orang di atas usia 65 tahun, dan sejauh ini belum diketahui obatnya.

Untuk mencegah Alzheimer, yang paling utama tentu memakan makanan sehat dan berolah raga, namun meminum kopi juga ternyata sangat efektif.

7. Menurunkan Risiko Parkinson

Penyakit Parkinson juga merupakan kondisi neurodegeneratif kedua yang paling umum, di bawah Alzheimer. Penyakit ini disebabkan kematian neuron penghasil dopamin di otak. Seperti halnya Alzheimer, Parkinson juga belum diketahui obatnya.

Peminum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson jauh lebih rendah, pengurangannya berkisar 32-60%.

8. Melindungi liver

Liver atau hati adalah organ luar biasa yang melakukan banyak fungsi penting. Sejumlah penyakit bisa mengenai hati seperti hepatitis, hati berlemak dan banyak lagi. Penyakit-penyakit tersebut bisa berujung pada sirosis, di mana sebagian besar jaringan hati digantikan oleh jaringan parut.

Foto: Dominika Roseclay.

Menariknya, kopi dapat melindungi dari sirosis. Orang yang meminum 4 cangkir atau lebih kopi per hari memiliki risiko hingga 80% lebih rendah.

9. Melawan depresi

Depresi adalah gangguan mental serius. Menimbulkan galau dan membuat Anda kurang bahagia.

Sebuah penelitian di Harvard Amerika Serikat pada tahun 2011 mencatat bahwa wanita yang minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi.

Studi lain pada 208 ribu orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari, 53% lebih kecil kemungkinannya untuk mati disebabkan bunuh diri.

10. Menurunkan Risiko Jenis Kanker Tertentu

Kanker menjadi pembunuh utama di dunia. Kopi disebut melindungi dari dua jenis kanker, yaitu hati dan kanker kolorektal.

Untuk diketahui, kanker hati menjadi penyebab utama ketiga kematian akibat kanker di dunia, sementara kanker kolorektal menempati urutan keempat.

Studi menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko kanker hati hingga 40% lebih rendah. Demikian pula, sebuah studi pada 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

11. Tidak menyebabkan penyakit jantung dan menurunkan risiko stroke

Kafein sering dituding dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini memang benar adanya, namun kenaikannya hanya 3-4 mm/Hg, efeknya kecil saja dan biasanya hilang jika minum kopi dilakukan secara teratur. Tapi mungkin bagi sebagian orang yang memiliki tekanan darah tinggi hal ini bisa saja terjadi.

Foto: NastyaSensei

Sejumlah penelitian tidak sepakat jika ngopi dituding meningkatkan risiko sakit jantung. Sebaliknya, ada sejumlah bukti bahwa wanita yang minum kopi berkurang risikonya untuk terkena sakit jantung. Penelitian juga menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko 20% lebih rendah terkena stroke.

12. Panjang umur

Umur memang ketentuan Allah Swt, tapi mengingat bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya mendapatkan banyak penyakit, maka masuk akal jika disimpulkan kopi dapat membantu Anda hidup lebih lama. Apalagi, sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

13. Sumber antioksidan

Kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Studi menunjukkan bahwa banyak orang mendapatkan antioksidan lebih banyak dari kopi ketimbang kombinasi buah dan sayuran.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...